Selasa, April 16, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Tak Perlu Bingung, Begini Cara Membuat SKCK di Luar Domisili KTP

- Advertisement -

Berkas penting yang dibutuhkan untuk membuat SKCK di luar domisili ada:

  1. Fotokopi KTP dua rangkap
  2. Pas foto 2×3 berlatar belakang atau background merah

Setelah berkas siap, bisa langsung menyambangi Polres setempat di mana SKCK ingin dibuat.

- Advertisement -

Berikut langkah yang bisa menjadi panduan:

  1. Datangi Polres setempat.
  2. Tanyakan pada petugas setempat ruangan untuk mengurus SKCK dan tempat rekam sidik jari.
  3. Mengisi formular rekan sidik jari dengan menyerahkan fotokopi KTP dan pas foto 2 x 3.
  4. Merekan sidik jari dengan dibantu petugas.
  5. Menunggu hasil rekan sidik jari.
  6. Menerima hasil rekam sidik jari berupa rumus sidik jari.

Setelah rekaman sidik jari berhasil didapatkan, simpan lembar hasil sidik jari tersebut. Rekaman sidik jari inilah yang dibutuhkan untuk selanjutnya keperluan penerbitan SKCK.

- Advertisement -

Kirimkan hasil foto scan berkas di atas ke alamat domisili KTP, pada tahap ini dapat meminta bantuan dari keluarga, rekan, atau kerabat.

Kemudian dokumen yang telah ditransfer tersebut akan diteruskan ke Polres terdekat berdasarkan domisili KTP Anda.

- Advertisement -

Demikian cara membuat SKCK di luar domisili KTP cukup dengan dua berkas yang dibawa ke Polres.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

90 KOMENTAR

  1. kak mau tanya, utk kerabat/keluarga yang mengantarkan berkas ke polres sesuai ktp apakah perlu dibuatkan surat kuasa?

      • Betul,KTP nasional tapi kok ngga bs mencakup seluruh wilayah Indonesia.
        Seharusnya klo KTPnya sudah nasional kan bisa di semua wilayah kyk bikin rekening.
        Kan nasional berarti kan satu data,JD BS di akses di semua tempat.

        • Nah iya bener. e-KTP harusnya terintegrasi ke banyak informasi. Ini malah masih butuh di fotokopi segala. 😭

  2. Tetap saja ribet karena harus melibatkan kerabat atau keluarg klo polres dkt klo jauhkan Sama aja.kenpa harus ribet sih KTP sekarang kan elektrik apa salahnya GK usah di persulit

  3. Sama ribet nya kalo harus melibatkan kluarga
    Blum ngurus berkas di tempat blum lagi ngurus d tempat domisili KTP knpa harus di persulit ya Allah

    • Sulit kali ya, terlalu ribet dan berbelat Belit. KTP sdh elektronik, semuanya bisa online, tapi tetap jg masih ngurus dialamat tinggal sesuai KTP. Ya jika punya keluarga kalau gak punya mau gimana, kebijakan mempersulit rakyat kecil. Payah

  4. Sama ribet nya kalo harus melibatkan kluarga
    Blum ngurus berkas di tempat blum lagi ngurus d tempat domisili KTP .

    • Birokrasi yang bobrok, apa gunanya e ktp, kok prosesnya ribet amat masih manual.. Kurang apa lagi kalian wooiii

  5. Msh ada berkas tmbahan seperti surat keterangan tinggal sementara dari dukcapil.yg keluarnya bisa sampai 3 hari. Jdi tetap sulit.

  6. Sidik jari sudah ada di ktp.
    Kurang apa merwka ga tau kalo bikin ktp di rekam dulu wajah fan sidik jari.skck masih nanyain🤦‍♂️

    • Iya bukan Hanya Sidik jari saja yg di rekam di dlm pembuatan ktp, Tp Kornea mata juga di rekam..
      Hadehhhh…
      Ribetnya lah yg mau kerja ini aja…..

    • Iya bukan Hanya Sidik jari saja yg di rekam di dlm pembuatan ktp, Tp Kornea mata juga di rekam..
      Hadehhhh…
      Ribetnya lah yg mau cari kerja ini…..

  7. Anjir lah bikin skck aja pake sulit amat, orang bikin sim aja seluruh indonesia dah bisa, apa masalahnya gitu lo bikin skck dimana aja kan fungsinya juga sama aja pak pol oh pak pol. Pantes pd susah dpt kerja bikin skck aja dipersulit bgt

  8. Ribet, buat apa teknologi maju tapi kita tetep harus ribet, udah serba digital, masih harus mondar mandir ..

  9. seharusnya dengan e ktp sudah kedetek dong yg bersangkutan bermasalah dengan hukum apa tidak. jd tidak usah smp k rumah asal .

  10. Gak berguna sangat tidak membantu, minimal jika tidak di daerah asal minta aja surat domisili tempat kita bertempat tinggal saat itu ngurus di Rt Rw sebagai bukti kalau kita bertempat tinggal di wilayah nya dan itu menjadi acuan pembuatan SKCK bahkan e KTP pun harusnya tidak perlu mutar sana sini buang waktu

  11. Masih mending ribet kalau bisa diurus, ini saya sudah kepolsek, ditolak mentah-mentah, suruh minta dipolsek sesuai domisili KTP, KTP kalbar, masa iya saya PP Jakarta – kalbar cuma buat SKCK, kerja belum dapat, keluar ongkos tiket PP, tambah sengsara😔

  12. Ribet amat hidup di negara ini,untuk mengurus SKCK harus meribetkan orang lain dulu, pdahalbktp udah elektronik,masak gw harus ngrim dokumen ke Sumatra dulu pdhal gw domisili skrg di Jakarta. Mau dftar online ribetnya juga mintak ampun, dsruh ngisi data rw sesuai KTP udah gw isi alat RT gw 0vkrna mmg d tempat gw ga ada RT2an malah ga bisa, harus di isi, trus data bapak gw disuruh isi juga, orang bapak gw udah meninggal,trus gw harus ngisi umur dia berapa ?di kosongin ga bisa.. stress gw lama2

  13. Saya datang ke polres Kuningan tgl 13 Des 2022 jam 10.30 kurang lebih nya, saya sudah mengisi form untk sidik jari, tappiiii ternyata ehh ternyata tetap tidak bisa mengurus SKCK alamat skrang tidak sesuai KTP..pdhal saya sudah bawa surat keterangan domisili, f/c SIM , f/c Ktp dll yg dipersyaratkan..
    Kalau ada yang syulit, knp hrs dipermudah

  14. Bohonh bgt lah.. sya ttap aja d persulit ga bsa bikin skck karena alamat ga ssuai ktp.. pdahal smw berkas lgkap .bkannya membantu dan mempermudah masyarakat ini malah di persulit..

  15. Njir ngesalin. Krnapa pembuatan skck kek pembuatan sim ajah. Skalipun bukan domesili di kota tersebit bisa buat sim. Ini skck kan cma mengetahui hystory kriminal kita di kepolisian.
    I hope, peraturan ini di revisi lgi, ar mempermudah anak rantau.

  16. Ribet diketawain dr negara tetangga karna teman saya sudah tinggal di negara tetangga, tau Indonesia sangat ribet sekali katanya. Bukanya KTP electric sudah ada sidik jari dan bisa di cek dimana saja kan electric. Koq masih harus libatkan keluarga mintak surat ini itu klu di luar domisili.

  17. Padahal kl urusan hutang KTP bisa d cek dr daerah manapun.
    Tp soal urusan pemerintah KTP harus sesuai alamat… Lucu negara kita.. Canggih yg nagih utang drpd pemerintah. Padahal KTP kan udah elektrik ada database tinggal cek. Ribet

  18. Terus bedanya di mana polres di tempat asal, Dangan polres tempat baru kan sama2 polres Kapolrinya cma 1 ribet amat cba di permudah kah urusan administrasi publik, mslahnya yg repot kta ini perantau! Kdang2 nmanya kta mlemar pkerjaan slah stu perusahaan kdang wktu kta trbatas ngurus sana sini bkan cma 1 aja bekas di urus tlong di permudah lah soal pnerbitan SKCK

  19. Apapun sulit, ekonomi syulit, pak Jokowi tolong pak dibantu ini kyak gimn buat skck susah masak ga bisa, padahal udh pakek surat domisili, lah lucu ya wkwk,

  20. Ribet,
    Knp ga Online data.
    Setiap warga RI khusus nya yg prnh bikin SKCK ,mestinya sdh ada datanya di setiap instansi kepolisian (Polsek, Polres, Polda) di seluruh Indonesia.

  21. Dulu tujuan di buatnya ektp utk mempermudah segala urusan yg memerlukan identitas warga negara,katanya segala rekam jejak pemegang ktp bisa di deteksi dari ektp
    Seperti aktivitas politik,kriminal atau segala macamnya semua terecord di ektp(kenapa untuk segala urusan maaih diperlukan foto copy ktp?

  22. Haduhhh ribet banget urus SKCK harus minta bantuan keluarga lah apalah yang di luar domisili. saya sudah di daerah J 4 tahun tapi tetep aja di suruh keluarga bantu urus yang di domisili asli dengan alasan “mungkin disini tidak ada tindak kriminal tapi gatau di domisilinya”. Dari awal sampe daerah J udah buat SKCK dan hanya berlaku 6 bulan sedangkan di daerah J 4 tahun. Gimana mau buat kriminal di domisili saya pulang aja ga pernah.
    Tolong lahh minimal kalo gabisa melayani masyarakat dengan baik jangan membebani masyarakat.
    Perbaiki dulu sistem yang efektif dan efisien biar masyarakat tidak dipersulit.

  23. Tolonglah dipermudan untuk proses kepengurusan SKCK. Sekarang udah jamannya pengesahan pake QR code, kenapa SKCK ini tidak dibuat sistem serupa juga. Udah 2024 juga ayolah jangan ribet2 amat.

  24. asli ribet banget…niat mau kerja yang halal aja udah ini itu,,,yang tadinya udah mau semangat kerja jadi males lagi..kapan maju na negara ini kalau apa” dipersulit

  25. GC jelas tidak ada kepastian masak mau buat SKCK ribet banget harusnya ada solusi tau taunya suruh pulang ke daerah

  26. Pokok generasi2 yang masih menggunakan teknologinya model begituan belum hilang, yaa tetap gini2 aja prosesnya, bisa jadi 10-20 tahun lagi baru bagus sistem kita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,660PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview