Kamis, Maret 28, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

KKP Jamin Kualitas Produk Perikanan Indonesia ke Australia

- Advertisement -

Dalam kunjungan ke Australia, Tari juga menyambangi Sydney Fish Market (SFM). Tempat ini merupakan pasar ikan terbesar di belahan bumi selatan dan pasar seafood terbesar ketiga di dunia. Di sini, Tari meninjau cara kerja pasar ikannyang memiliki sumber-sumber produk baik nasional maupun internasional dan perdagangan lebih dari 13.500 ton makanan laut per tahun. Terlebih sekira 100 spesies seafood berkelanjutan diperdagangkan setiap hari dan sekitar 500 spesies yang diperdagangkan setiap tahunnya. SFM mempekerjakan sekitar 65 staf untuk mengatur hari kerja grosir lelang, mempromosikan Sydney Fish Market sebagai pusat keunggulan seafood dan mengoperasikan Sydney Seafood School.

Sementara dalam pertemuan sebelumnya, pihak DAFF Australia menyatakan bahwa negaranya dengan Indonesia memiliki hubungan yang baik dan common interest dalam memajukan perdagangan komoditas perikanan kedua negara. Bahkan, Australia juga tertarik untuk meningkatkan kerjasama dengan Indonesia terutama dalam hal harmonisasi dan implementasi electronic certificate.

- Advertisement -

“Di pertemuan tersebut terungkap bahwa Australia sedang berusaha untuk membangun kerjasama dengan mitra dagang terkait electronic certificate (misalnya saat ini sedang dibahas kerjasama dengan EU),” ujar Sektretaris BKIPM, Hari Maryadi di Jakarta.

Hari optimis produk Indonesia bisa cepat masuk Australia karena DAFF mencatat dan memahami bahwa sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan Indonesia telah diakui dunia internasional. Sebagai contoh adalah untuk uji histamin bagi produk ke EU dapat diuji di Indonesia dan bebas masuk pasar EU.

- Advertisement -

“Secara umum DAFF terkejut saat menerima zero draft MRA dari Indonesia, namun kini dapat memahami latar belakang usulan Indonesia tersebut dan saat ini DAFF sedang menyiapkan balasan resmi terhadap zero draft yang telah disampaikan oleh Indonesia,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono meminta BKIPM untuk senantiasa membina kepada pelaku usaha mulai dari hulu sampai hilir. Hal ini untuk memastikan produk yang dihasilkan terjamin mutu dan kualitasnya.

- Advertisement -

Jaminan mutu ini penting sebagai upaya meningkatkan kepercayaan pasar dunia terhadap produk perikanan Indonesia.

Cek Artikel dan Berita yang lain di Google News

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,580PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview