Sabtu, Oktober 18, 2025
spot_img

BERITA UNGGULAN

Apa Itu Press Release? Definisi & Mengapa Bisnis Anda Membutuhkannya

Pengertian press release (disebut juga news release atau media release) adalah dokumen ringkas yang menyajikan informasi yang layak diberitakan dengan gaya jurnalistik. Press release membahas siapa, kapan, di mana, bagaimana, apa, dan mengapa sebuah berita atau pengumuman untuk tujuan mendapatkan liputan media tambahan.

Press release juga mengikuti format tertentu yang mungkin sedikit berbeda tergantung pada jenis siaran pers yang dikeluarkan.

- Advertisement -

Layanan press release atau dikenal juga siaran pers seperti InfoEkonomi.ID telah menguasai seni menulis siaran pers dan mendistribusikannya untuk hasil maksimum. 

Manfaatkan layanan terjangkau InfoEkonomi.ID untuk mendapatkan liputan media paling banyak untuk kisah perusahaan Anda.

- Advertisement -

Apa itu Siaran Pers?

Press release adalah berita pendek dan ringkas yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi baru tentang perusahaan Anda ke media, semua jenis media. Dan informasi itu perlu ditulis dengan cara yang menarik dan menawan bagi mereka.

Tujuannya adalah agar jurnalis menulis tentang berita yang Anda bagikan dalam rilis, menjangkau audiens mereka, dan mendatangkan pelanggan baru.

Salah satu perjuangan menjadi pemilik usaha kecil adalah mengetahui cara terbaik untuk menyampaikan berita Anda kepada orang-orang. 

Baik Anda baru saja meluncurkan bisnis atau meluncurkan produk baru, rilis berita adalah cara yang baik untuk memberi tahu media dan jurnalis tentang informasi penting tentang perusahaan Anda.

Sebagai perusahaan kecil, Anda mungkin tidak memiliki tim humas internal, jadi mengetahui cara menulis dan menyusun rilis media akan membantu menghemat waktu dan uang Anda. Penulisan siaran pers dapat dikuasai dengan mengikuti beberapa langkah mudah.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dapat dilakukan siaran pers untuk bisnis Anda dan bagaimana Anda dapat menulisnya sendiri, silakan lanjutkan membaca.

Untuk membuat daftar target media Anda, cari jurnalis di web yang meliput topik yang relevan dengan bisnis Anda. 

Selain itu, Anda dapat memiliki layanan distribusi, seperti InfoEkonomi.ID, mengeluarkan rilis berita Anda. Mereka memiliki akses ke ribuan kontak media di berbagai wilayah dan dapat menargetkan media khusus untuk kebutuhan bisnis Anda.

Tujuan Press Release

Pada akhirnya, tujuan press release adalah untuk mendapatkan liputan media yang positif. Ini bisa proaktif, seperti membangun kesadaran merek (brand awareness), mengumumkan ekspansi, atau meluncurkan produk atau layanan baru.

Alternatifnya, tujuan dari siaran pers bisa bersifat reaktif, seperti menangkal liputan media yang negatif atau menjelaskan mengapa terjadi kesalahan.

Press release harus memiliki tujuan dan mengikat kembali ke tujuan bisnis tertentu. Misalnya, press release pemasaran dapat dikeluarkan untuk mendapatkan liputan berita media lokal tentang pencapaian perusahaan dan penawaran produk dan layanan baru. 

Brand atau merek dapat mengumpulkan liputan lokal dan industri dengan rilis media berita yang mengumumkan perekrutan baru yang menonjol atau terobosan industri.

Berikut adalah beberapa tujuan utama kenapa setiap bisnis membutuhkan press release:

1. Kesadaran merek

Press release dapat meningkatkan kesadaran merek dengan berbagai cara. Misalnya, layanan seperti jasa press release InfoEkonomi.ID dapat menempatkan siaran pers di outlet berita untuk wilayah, industri, dan demografi audiens tertentu. 

Mereka juga mengirimkan press release ke jurnalis individu dan editor publikasi yang sering meliput berita yang ditujukan untuk audiens target yang sama. Juga, bisnis akan sering mengeluarkan siaran pers sebelum aksi publisitas untuk memastikan liputan media yang maksimal.

2. Citra merek

Rilis media dapat digunakan untuk memposisikan organisasi Anda secara positif. Misalnya, Anda dapat menggunakan press release atau siaran pers untuk menampilkan acara filantropi yang Anda selenggarakan atau donasi terbaru.

Rilis ini juga dapat dikeluarkan untuk perbaikan citra merek, seperti siaran pers krisis yang dikeluarkan setelah pers negatif atau untuk menunjukkan bagaimana perusahaan Anda merespons untuk memperbaiki masalah dalam bisnis Anda.

3. Kredibilitas profesional

Pengumuman positif yang layak diberitakan—seperti peluncuran bisnis baru, merger, siaran pers perekrutan baru, atau pengumuman penghargaan—membantu memposisikan perusahaan Anda sebagai perusahaan yang lebih kredibel.

4. Kepemimpinan industri

Press release atau news media dapat mengamankan reputasi bisnis Anda sebagai pemimpin industri. Terobosan produk, misalnya, dapat memposisikan perusahaan Anda sebagai inovator terkemuka di industri Anda.

Anda juga dapat memuji keberhasilan perusahaan Anda dalam siaran pers yang ditargetkan pada jurnalis dan media yang meliput berita industri Anda.

5. Prospek baru

Dengan keterpaparan, muncul potensi untuk mendapatkan prospek. Press release memungkinkan Anda sarana positif untuk membawa perusahaan Anda ke hadapan anggota audiens target baru.

Anda bahkan dapat menyertakan ajakan bertindak yang berkontribusi pada perolehan prospek, seperti tautan yang mengarah ke halaman arahan dengan konversi tinggi di situs web Anda.

6. Penjualan

Saat mengumumkan produk, merger, akuisisi, atau peluncuran bisnis baru, siaran pers dapat membantu menarik calon pembeli ke usaha baru Anda. 

Seringkali, paparan yang ditargetkan ini menghasilkan lebih banyak penjualan.

7. Acara

Dapatkan media untuk menghadiri dan meliput acara Anda, seperti open house, grand opening, atau acara pelanggan VIP, dengan mengeluarkan media advisory sebelum acara tersebut.

Cara yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu press release dan bagaimana menggunakannya secara efektif adalah dengan melihat bagaimana bisnis lain menggunakannya.

Lihat bagaimana perusahaan lain telah menggunakan siaran pers untuk menargetkan tujuan bisnis tertentu dengan melihat contoh siaran pers ini. 

Anda akan menemukan lebih dari selusin contoh rilis media yang sangat efektif sebagai inspirasi untuk menulis kisah perusahaan Anda.

Manfaat Press Release Digital ?


Membangun persepsi positif terhadap produk/jasa atau perusahaan promosi

 


Launching product, kegiatan csr, annual report, dan lain-lain serta Branding exposure

 


Meningkatkan eksposur brand atau perusahaan secara instan meningkatkan potensi penjualan

 


Menginformasikan produk/jasa unggulan kepada konsumen business expansion

 


Menjangkau market lebih luas dengan sebaran berita nasional Engagement

 


Menjalin engagement dengan konsumen meningkatkan traffic ke website

Bisnis membuat dan mengirim siaran pers untuk berbagi informasi yang layak diberitakan dengan jurnalis dan media. 

Kontak pers dan outlet media ini juga secara aktif mencari siaran pers yang layak diberitakan.

Ketika mereka menemukan pengumuman pers dengan berita yang menurut mereka akan menarik minat audiens, mereka akan menulis cerita tentangnya. 

Hal ini memberikan publisitas gratis bagi organisasi yang menerbitkan siaran pers dan bahkan dapat menghasilkan paparan tambahan dalam jumlah yang signifikan.

Jadi, kunci dari press release atau media release yang sukses adalah memiliki cerita yang bermakna atau pengumuman yang signifikan.

Misalnya, berbagai jenis siaran pers dapat didistribusikan untuk mencakup apa pun mulai dari pengumuman produk baru, merger atau akuisisi, atau untuk mengumumkan karyawan baru yang signifikan, seperti eksekutif tingkat C.

Namun, tidak masalah seberapa baik siaran pers Anda ditulis jika tidak benar-benar berisi cerita yang menarik. 

Jurnalis mencari berita yang relevan, tepat waktu, dan menarik bagi audiens mereka—entah karena menonjol atau dekat.

Mengapa Menggunakan Format Press Release

Elemen siaran pers, seperti tajuk utama, subjudul, dan badan, secara khusus dirancang untuk menarik minat anggota media untuk mendapatkan liputan tambahan. 

Komponen lain, seperti informasi kontak media, gambar atau video, tautan ke sumber daya tambahan, dan bagian boilerplate siaran pers, memberikan panduan untuk membantu jurnalis dan outlet media menghasilkan liputan tambahan dengan mudah.

Siaran pers yang menarik dan didistribusikan secara efektif lebih mungkin mendapatkan liputan media yang positif, meningkatkan kesadaran merek, dan minat dalam bisnis dengan audiens targetnya.

Untuk kesempatan terbaik mendapatkan lebih banyak liputan, siaran pers tidak hanya harus mengikuti format yang benar, tetapi juga harus ditulis dan didistribusikan secara efektif. Dari menemukan sudut yang tepat hingga kiat untuk menulis dan mengirimkan siaran pers Anda.

Sumber Daya Siaran Pers Teratas untuk Usaha Kecil

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu siaran pers, pastikan Anda memiliki semua alat dan sumber daya yang diperlukan untuk menulis siaran pers yang diambil. 

Berikut adalah beberapa sumber teratas untuk menulis dan mendistribusikan siaran pers, termasuk alat dan layanan yang terjangkau, murah, dan gratis:

  • Penulisan siaran pers: InfoEkonomi.ID adalah pilihan utama kami secara keseluruhan untuk layanan penulisan siaran pers terbaik.
  • Distribusi siaran pers: Distribusi yang ditargetkan dalam lokasi, industri, dan audiens yang Anda inginkan adalah kunci untuk mendapatkan laba atas investasi tertinggi dengan siaran pers.
  • Pengoptimalan salinan: Selain menulis rilis Anda dengan format yang tepat, Anda juga dapat meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari online seperti Google menggunakan kata kunci. Semrush berada di puncak daftar alat terbaik kami untuk penelitian kata kunci, dan Anda dapat menggunakannya untuk meneliti hingga 10 kata kunci setiap hari secara gratis.
  • Templat siaran pers gratis: Dari cara menulis boilerplate hingga jenis siaran pers tertentu, kami telah memformat templat siaran pers yang dapat Anda gunakan untuk menyederhanakan dan mempercepat proses. Untuk template yang paling menarik bagi jurnalis, gunakan template siaran pers AP dan panduan langkah demi langkah kami.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apakah siaran pers sebuah bentuk iklan?

Dalam arti tertentu, ya, siaran pers adalah salah satu bentuk periklanan. Press release adalah pengumuman media yang disponsori merek yang dimaksudkan untuk menghasilkan pers positif untuk bisnis Anda tentang topik tertentu.

Ini juga biasanya memerlukan investasi dana pemasaran atau periklanan.

Apakah siaran pers sama dengan peringatan media?

Siaran pers dan peringatan media berbeda. Siaran pers mencakup informasi penting yang dibutuhkan jurnalis untuk memutuskan apakah berita perusahaan akan menarik minat audiens target mereka. 

Penasihat media (atau peringatan media) adalah undangan yang dikeluarkan meminta jurnalis untuk menghadiri acara dan mengundang audiens mereka. Misalnya, peringatan media mungkin berisi undangan untuk menghadiri peluncuran buku baru vs siaran pers buku yang hanya mengumumkan penerbitannya.

Bagaimana Anda menulis siaran pers?

Proses penulisan siaran pers yang akan diambil oleh media dimulai dengan mengembangkan sudut pandang yang layak diberitakan dan menyiapkan dokumen dalam format siaran pers standar. 

Selanjutnya, tulis salinan menarik yang didukung oleh elemen pendukung seperti gambar, bagan, grafik, atau video. Pelajari lebih lanjut tentang apa yang harus disertakan dalam siaran pers Anda dan dapatkan template gratis dengan format siaran pers yang tepat dari InfoEkonomi.ID.

Intinya

Siaran pers adalah cara terbaik untuk berbagi berita dan pengumuman perusahaan dengan jurnalis untuk mendapatkan publisitas untuk bisnis Anda. 

Agar berhasil meliput, rilis Anda harus relevan dengan jurnalis dan audiens target Anda, dan harus didistribusikan ke outlet dan individu yang tepat.

Jika Anda telah memutuskan bahwa Anda ingin bantuan profesional untuk menulis dan mendistribusikan pengumuman media Anda, Anda tidak akan salah dengan InfoEkonomi.ID.

InfoEkonomi.ID menyediakan toko serba ada untuk penulisan siaran pers, pemeriksaan, pengoptimalan pencarian, dan distribusi yang ditargetkan secara geografis dan industri.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

Ikuti Kami

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,910PelangganBerlangganan

Terbaru