SuaraPemerintah.ID –Â Dekranasda Kaltim turut berpartisipasi dalam ajang Kriyanusa 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.
Dalam kesempatan ini, Dekranasda Kaltim memamerkan berbagai produk kriya unggulan berbahan baku lokal karya 30 perajin dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim.
Kriyanusa 2024 Kalimantan Timur mengangkat tema “Generasi Muda Sebagai Pewaris Warisan Budaya” dengan menampilkan beberapa kerajinan, kesenian sebagai warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya dari generasi ke generasi.
Ketua Harian Dekranasda Kaltim Heny Purwaningsih mengatakan, gelaran Kriyanusa 2024 menjadi peluang bagi Pemprov Kaltim untuk memamerkan semua kekayaan budaya, kesenian, produk-produk unggulan kerajinan provinsi Kaltim.
“Ini menjadi kesempatan bagi provinsi Kaltim untuk menampilkan semua kekayaan budaya, kesenenian, produk-produk unggulan kerajinan provinsi Kaltim,” ujar Heni saat diwawancarai di Jakarta Convention Center, Kamis (29/08/24).
Dalam Kriyanusa 2024 Provinsi Kaltim membuka 50 stand yang terdiri dari 20 stand untuk menampilkan ikon rumah lamin dayak dan juga rumah masyarakat hutan Kalimantan Timur yang mencerminkan satu warisan budaya yang ada di Kalimantan Timur yang keberadaannya masih dijaga sampe sekarang.
Sedangkan 30 stand menampilkan dalam bentuk produk-produk kerajinan unggulan seperti wastra, handicraft, anyaman, tenun dan sebagainya.
“Provinsi Kaltim mengambil 50 stand yang terdiri dari 20 stand untuk menampilkan ikon rumah lamin dayak dan juga rumah masyarakat hutan Kalimantan Timur, 30 stand kita menampilkan dalam bentuk produk-produk kerajinan unggulan seperti wastra, handicraft, anyaman, tenun dan sebagainya,” tuturnya.
Dirinya juga berharap dengan hadirnya Pemprov Kaltim dalam gelaran Kriyanusa 2024 masyarakat lebih mengenal Kalimantan Timur sehingga menjadi daya tarik untuk berkunjung ke Kalimantan Timur.
“Harapannya masyarakat bisa lebih mengenal Kalimantan Timur menjadi lebih tau tentang Kalimantan Timur dan akhirnya tertarik datang ke Kalimantan Timur. Dengan datang ke Kalimantan Timur dapat meningkatkan kunjungan pariwisata baik lokal maupun mancanegara,” harapnya.
“Targetnya para UKM yang kami bawa total sekitar 40 UKM yang mengisi semua booth yang ada di Kriyanusa 2024 ini selain bisa menjual, untuk jangka panjangan budaya Kalimantan Timur yang bisa diimplementasikan untuk fashion, aksesoris, interior dan sebagainya sehingga keragaman, kerajinan dan kesenian Kalimantan Timur bisa masuk ke dalam seluruh budaya masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (JR/ADV/Diskominfo Kaltim)
Cek Artikel dan Berita yang lain di Google News


.webp)

















