SuaraPemerintah.ID – CEO CPROCOM, Dr. Emilia Bassar, S.Sos., M.Si. mengatakan praktisi Public Relations (PR) BUMN dan BUMD harus dapat mengembangkan strategi PESO Model dalam menjalankan komunikasi perusahaan. Menurutnya, Paid-Earned-Shared-Owned (PESO) adalah model untuk menggambarkan media komunikasi perusahaan dalam berkomunikasi dengan konsumen.
“Model ini dikembangkan oleh para praktisi di bidang hubungan masyarakat (public relation/PR) untuk beradaptasi dengan perkembangan dunia digital,” ujar Emilia dikutip dari acara wawancara dengan Suara Pemerintah TV, (20/04).
Emilia menerangkan, pada dasarnya hubungan masyarakat adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Tujuan dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal itu, kepemimpinannya, produk, atau keputusan politik.
Pakar kehumasan ini menuturkan, sebelum era digital yang semakin masif, PR (hubungan masyarakat) dan pemasaran dulunya adalah dua hal yang sangat berbeda dan jarang bersinggungan.
“Seorang agen pemasaran fokus pada strategi media yang kreatif dan berbayar, sementara PR akan bekerja untuk mengamankan hubungan kuat dengan wartawan serta menawarkan komunikasi krisis dan strategi PR. Agen iklan selalu membayar untuk distribusi, PR tidak pernah melakukannya,” papar Emilia.
Simak Selengkapnya di Youtube SuaraPemerintah TV klik di bawah ini: