Minggu, Oktober 12, 2025
spot_img

BERITA UNGGULAN

Anwar Hafid Kritik Layanan Maskapai Penerbangan yang Kurang Optimal

SuaraPemerintah.ID – Anggota Komisi V DPR, Anwar Hafid, mengkritik layanan maskapai penerbangan yang kurang optimal, dengan masih banyaknya menelantarkan penumpang dan bertindak seenaknya.

“Kita dengar banyak keluhan, contoh penumpang yang tidak terurus oleh maskapai, delay, di bandara terlantar, seenaknya saja,” papar Anwar dalam RDP Komisi V dengan Dirjen Perhubungan Laut dan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Selasa (31/1/2023).

- Advertisement -

Hal ini disampaikannya kepada Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni. Ia berharap regulator bertindak tegas dan memberi sanksi kepada maskapai yang berlaku demikian.

“Di mana fungsi regulator? Apa tidak ada sanksi yang tegas? saya harapkan ada sanksi tegas kepada maskapai-maskapai yang nakal. Kita memang butuh pesawat, tapi kita juga harus perhatikan, tujuan kita ini melayani rakyat,” ujarnya.

- Advertisement -

Politisi Partai Demokrat ini bercerita pengalamannya yang dibiarkan terlantar sampai 10 jam tanpa ada pemberitahuan yang jelas. Anwar Hafid berharap hal semacam ini bisa segera diperbaiki. Kritik serupa juga disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras. Ia menyebut sering terjadi perubahan jadwal penerbangan, hingga perubahan gate.

“Soal layanan maskapai bu, terutama terminal 2 dan 1 ini sering berubah-ubah jadwal. Saya kemarin beli tiket hari ini sedianya keluarga saya berangkat pukul 6.00 malam ini. Tiba-tiba ada barusan WA diberangkatkan setengah 10 malam. Ini kan tidak ada kepastian bagi penumpang, ini harus dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Politisi PPP ini juga meminta pengawasan terhadap maskapai agar tidak menaikkan biaya penerbangan seenaknya.

“Sehingga juga yang padatnya penumpang, tentu ini berkesempatan maskapai menaikkan biaya penerbangan. Ini perlu diawasi sehingga mereka tidak seenaknya menaikkan tiket pesawat,” urainya.

Menanggapi hal itu, Maria Kristi mengaku akan terus melakukan pengawasan dan perbaikan layanan agar delay tidak terjadi lagi.

“Kemudian keterlambatan atau delay, atau secara umum pelayanan, kami akan terus menerus lakukan pengawasan kepada semua bandara,” pungkasnya.

Cek Artikel dan Berita yang lain di Google News

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

Ikuti Kami

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,910PelangganBerlangganan

Terbaru