Selasa, Oktober 7, 2025
spot_img

BERITA UNGGULAN

Kemenparekraf Meningkatkan Kualitas SDM Parekraf Menjelang Libur Lebaran 2024

SuaraPemerintah.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) tengah menguatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor parekraf untuk mempersiapkan momentum libur Lebaran 2024.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini Mohamad Paham, mengungkapkan hal ini dalam “The Extended Weekly Brief with Sandi Uno” di Manhattan Hotel, Jakarta, pada Senin (1/4/2024), yang digelar secara hybrid. Martini menyatakan bahwa Kemenparekraf sedang menyelenggarakan 10 kegiatan Bimbingan Teknis dan Pelatihan di 10 kota di Indonesia, yang diharapkan akan melibatkan hingga 980 peserta, dalam rentang waktu Maret hingga April 2024.

- Advertisement -

“Dalam kegiatan bimtek Green Creative, kami memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha mengenai lingkungan serta cara mempersiapkan produk pelayanan yang ramah lingkungan dan wisatawan,” ujar Martini.

Selain itu, Kemenparekraf juga memperluas sertifikasi kompetensi profesi parekraf, dengan target hingga 840 asesi. Bidang sertifikasi tersebut mencakup Hotel dan Restoran; Kepemanduan Wisata; Kepemanduan; Ekowisata; Kepemanduan Gunung; Kriya Batik; Kuliner (Barista); Fesyen; Fotografi; Seni Pertunjukan.

- Advertisement -

Kementerian juga memberikan pendampingan kepada masyarakat di berbagai daerah agar dapat menjadi tuan rumah yang baik terutama saat kunjungan wisatawan.

“Kami berharap wisatawan dapat bertanggung jawab dengan menjaga kenyamanan bersama, tidak berebut, tidak menciptakan kegaduhan, serta menjaga kebersihan untuk menciptakan Wonderful Indonesia,” tambah Martini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menambahkan bahwa Kemenparekraf juga memberikan pelatihan digital marketing kepada peserta, termasuk subsektor ekonomi kreatif.

“The Extended Weekly Brief with Sandi Uno” kali ini didukung oleh mitra co-branding “Wonderful Indonesia” seperti The Ascott Limited (Harris Hotel, Yello Hotel, Fox Hotel), Manhattan Hotel, Traveloka, Trans Studio Entertainment, Grab Indonesia, Tokopedia, Taman Impian Jaya Ancol, El Hotel Bandung, Waterbom Bali, dan White Horse Group.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf serta para tamu undangan.

Cek Artikel dan Berita yang lainnya di Google News

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

Ikuti Kami

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,910PelangganBerlangganan

Terbaru