Sabtu, April 20, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Bangkitkan Pariwisata Kuta Mandalika, MHA Buka Surfing Competition

- Advertisement -

SuaraPemerintah.id – Seperti diketahui, industri pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terdampak secara signifikan oleh adanya pandemi COVID – 19.

Berawal dari keprihatinan tersebut, sejumlah general manager dari 30 hotel di area Kuta Mandalika yang tergabung dalam Mandalika Hotel Association (MHA), bekerjasama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), berinisiatif untuk mengadakan kompetisi selancar ombak tingkat nasional bertajuk MHA OPEN 2020 Surfing Competition.

Dengan harapan dapat menghidupkan kembali geliat pariwisata di Lombok, khususnya di area Kuta Mandalika dan sekitarnya.

- Advertisement -

Head of project event, Jourena Juliet menjelaskan bahwa persiapan acara MHA Open 2020 Surfing Competition ini dilakukan selama tiga bulan dengan pembentukan team penyelenggara di bulan September 2020.

“Dalam menyelenggarakan event nasional ini kami menggandeng operator surfing competition yaitu PSOI (Persatuan Selancar Ombak Indonesia) sebagai lembaga resmi yang menaungi olahraga perselancaran, dan berlanjut dengan persiapan proposal ke beberapa pihak termasuk ITDC dalam pengajuan venue, di pantai Seger. Kami sangat berterima kasih akan tanggapan yang positif dari semua pihak khususnya dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kab. Lombok Tengah,” jelas General Manager dari Sikara Hotel ini.

- Advertisement -

Lebih lanjut dijelaskan kalau event ini juga disambut baik oleh semua kalangan khususnya masayarakat desa Kuta.

“Acara yang berlangsung selama 4 hari berturut-turut ini dilangsungkan dengan meriah dan mendapat dukungan dari masyarakat sekitar, seperti tujuan acara kami untuk membangkitkan pariwisata dan meningkatkan perekonomian daerah, masyarakat dan pebisnis lokal merasakan dampak dari acara MHA Open 2020. Semoga tahun depan, kami bisa membawa pengunjung lebih dari pada tahun ini dengan harapan pariwisata mandalika menjadi tujuan destinasi favorite,” ungkap Jourena.

- Advertisement -

Dalam sambutannya, Ketua Umum MHA — Samsul Bahri, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, karena acara kompetisi ini dapat berlangsung dengan lancar sampai dengan hari terakhir tanpa kendala yang berarti dan tanpa adanya kecelakaan yang terjadi saat kompetisi berlangsung.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar Zero accident, zero problem dan ucapan terima kasih terdalam saya kepada semua stakeholders diantaranya Kemenparekraf, Pemprov NTB, Pemkab Loteng, ITDC dan jajaran kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat dan semua pihak yang tak bisa saya sebutkan satu per satu yang telah ikut mendukung kesuksesan acara ini hingga selesai dengan paripurna,” ujar General Manager dari JM Hotel Kuta ini.

Lebih lanjut Samsul juga menyampaikan bahwa lewat acara ini, MHA ingin menunjukkan bahwa Mandalika memiliki berbagai nilai jual berskala internasional, salah satunya adalah surfing spots yang menurutnya menjadi alasan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang dan berlama-lama tinggal di Lombok.

Length of stay para surfer ini rata-rata di atas 3 hari sampai 1 bulan untuk menjajal surfing spots kita. Jadi jelas surfing adalah jawaban tepat untuk mendongkrak angka hunian dan lama tamu menginap,” jelas Samsul dengan optimis.

Selain itu, Manajer Humas event MHA OPEN 2020, Lalu Sandika Irwan menyampaikan selama event berlangsung dari awal sampai akhir tetap melakukan sosialiasi dan penerapan protocol kesehatan untuk semua pengunjung dan kontestan.

“Alhamdulillah, semua pihak kooperatif dalam event ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ketua Masata DPC Lombok Tengah ini.

Sandika menceritakan mengenai dampak ekonomi yang timbul khususnya bagi pelaku UMKM di pantai Seger Kuta Mandalika.

“Kami senang sekali karena dengan adanya event ini, masyarakat bisa tersenyum kembali sejak 8 bulan libur berjualan akibat tidak adanya turis, Alhamdulillah sekarang tembus 600ribu – 2 juta lebih per hari,” pungkas Sandika.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,670PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview