Sunday, April 18, 2021

Keindahan Danau Habema, Danau ‘di Atas Awan’ dan Danau Tertinggi di Indonesia

SuaraPemerintah.id – Tanah Papua selalu punya panorama. Di balik Puncak Jaya yang tinggi menjulang menyimpan keindahan lain di puncaknya. Yaitu danau Habena sebagai ‘danau di atas awan’. Disebut-sebut sebagai danau tertinggi di indonesia.

Danau Habema sendiri berada dalam kawasan Taman Nasional Lorenz. Luasnya sekira 224,35 hektar. Danau ini sepi. Ia seperti menyendiri dalam kedinginan, berhadapan dengan gunung-gunung berselimut salju, dan hanya ditemani hamparan padang rumput basah.

Saat berjalan ke arah danau melewati padang rumput luas yang basah seperti lahan gambut, di beberapa titik padang luas itu ada aliran air kecil. Juga aneka bunga warna-warni terhampar.
Saat berjalan, kabut seperti berjalan tepat di depan mata. Suhu di handphone menunjukan angka delapan derajat celcius.

Danau Habena yang berada di ketinggian 3.255 mdpl merupakan danau tertinggi di Indonesia. Bagi penduduk setempat, danau Habena bernama asli Yuqinopa. Oleh masyarakat sekitar yakni suku Dani, penduduk Jayawijaya danau ini dianggap sebagai tempat keramat yang menjadi sumber kesuburan dan kehidupan.

Danau ini berdekatan dengan pegunungan Trikora, jika tidak berkabut akan kelihatan puncaknya yang putih bersalju dari kejauhan. Lebih tepatnya berada di kaki gunung Trikora, kabupaten Jayawijaya, Papua. Danau ini berjarak kurang lebih 48 kilometer dari kota Wamena.

Karena masuk wilayah pegunungan akses menuju danau ini melewati jalan yang terjal dengan kontur tanah perbukitan. Pemandangan yang begitu indah, megah dan sangat mempesona akan menyambut pengunjung saat tiba di Danau Habema. Hamparan padang rumput di sekitar danau dan tanaman-tanaman endemik Papua seperti rumah semut atau anggrek hitam akan membuat Anda terpana menikmati alam indah Papua.

Bila beruntung, berbagai jenis burung khas Papua, seperti Cendrawasih pun dapat ditemui atau paling tidak dapat menikmati kicauannya. Suhu di sekitar Danau Habema memang dingin. Bisa mendekati nol derajat di waktu malam hari. Siang hari berkisar di angka delapan derajat. Tak heran kalau embun senantiasa menyelimuti rerumputan sepanjang hari. Banyak pendaki Pegunungan Jayawijaya dan Cartenz mampir di danau ini sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak tujuan mereka.

Jika ingin berkunjung ke Danau Habema yang terletak di atas awan ini, disarankan untuk datang pada pagi hari. Karena pada siang hari, pemandangan danau Habema yang indah akan tertutup kabut, yang menghalangi pandangan pengunjung.

Selain itu, kalau mengunjungi danau ini harus menyiapkan jaket yang cukup tebal. Karena Danau Habema yang terletak di ketinggian tentu membuat suhu di sekitar danau menjadi sangat dingin. (red/pen)

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
279SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh