Wednesday, March 3, 2021

Kementerian KKP Gandeng PPI Kaji Potensi Belitung sebagai KEK Kelautan dan Perikanan

SuaraPemerintah.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saat ini tengah mengkaji potensi Kabupaten Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sumber daya perikanan yang tinggi serta memiliki letak yang sangat strategis menjadi alasan perlunya KEK kelautan dan perikanan.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dalam siaran pers di Jakarta, Selasa, (23/2/2021).

“Kawasan ekonomi khusus kelautan dan perikanan, menurut saya Belitung itu tepat,” katanya.

Menurut Trenggono, daerah ini menurutnya cocok dikarenakan sumber daya perikanannya sangat tinggi mencapai 2,1 juta ton per tahun. Kemudian lokasinya yang strategis berada di jalur lintasan Singapura – Australia.

KKP menggandeng Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dalam melakukan kajian ini, untuk menganalisa dan menyiapkan konsep modeling market yang menarik minat investor.

Trenggono juga telah bertemu Bupati Belitung dan perwakilan Persatuan Insinyur Indonesia di Kantor KKP, 22 Februari 2021.

Trenggono menjelaskan rencana pengembangan kawasan ekonomi khusus kelautan dan perikanan ini untuk mendukung menggeliatnya industri perikanan dalam negeri, baik untuk pasar domestik maupun ekspor. Selain itu, ujar dia, kawasan ekonomi khusus tersebut dinilai akan menyerap lebih banyak tenaga kerja.

Potensi perikanan tangkap dari perairan Belitung sangat besar mencapai 2,1 juta ton per tahun yang berada di dua wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI), yakni 711 dan 712. Sedangkan daratan dan pesisirnya, lanjutnya, juga sangat cocok untuk dilakukan budidaya perikanan, salah satunya budidaya kerapu.

Hasil analisis PII menunjukkan beberapa peluang investasi yang bisa dilakukan di Belitung, meliputi perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan dan ekspor, serta industri pariwisata, dengan model yang bisa dipakai adalah investasi inti plasma.

Maka dari itu, perlu adanya pengembangan infrastruktur untuk mendukung Belitung menjadi kawasan ekonomi khusus kelautan dan perikanan, di antaranya dengan peningkatan status pelabuhan, dari pelabuhan perikanan nusantara menjadi pelabuhan perikanan samudera.

Kemudian, penting pula untuk membuat laboratorium mutu untuk pengujian produk perikanan dalam rangka mendukung aktivitas ekspor, hingga perluasan kawasan industri pengolahan perikanan. (red/pen)

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
220SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

Suara Tokoh