Sunday, March 7, 2021

Menulusuri Objek Wisata Situ Gunung, Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

SuaraPemerintah.id – Menulusuri Situ Gunung, jembatan gantung terpanjang di kawasan Asia Tenggara. Jembatan Situ Gunung objek wisata di Sukabumi, Jawa Barat ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Yaitu punya panjang 243 meter dengan ketinggian 107 meter di atas sungai.

Jembatan yang diresmikan pada tahun 2019 ini, merupakan hasil kerja sama pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dengan pihak ketiga yang dibangun dengan mekanisme Bangun Guna Serah (BGS). Artinya, jembatan ini dibangun oleh pihak ketiga, digunakan terlebih dahulu oleh pihak ketiga dalam kurun waktu yang ditentukan, baru kemudian diserahkan kepada pihak TNGGP.

Selain berfungsi untuk menghubungkan antar wilayah, jembatan ini juga berfungsi untuk menikmati wisata pemandangan alam yang indah dan sejuk khas pegunungan.

Jembatan Situ Gunung juga sebagai terpanjang Se-ASEAN di Kaki Gunung Pangrango. Jembatan yang dibangun dari kayu ulin Papua ini melintang dengan ketinggian 161 meter di atas permukaan tanah serta memiliki panjang 243 meter dan lebar 2 meter. Dari jauh, jembatan ini pun terlihat kokoh dan menantang untuk dilewati.

Sebagai informasi, kayu ulin digunakan untuk bahan lantai jembatan karena lebih tahan cuaca dan tidak mudah dimakan rayap. Jembatan gantung Situ Gunung menghubungkan wisatawan langsung ke Curug Sawer. Setibanya di ujung jembatan, pengunjung hanya perlu berjalan sekitar 1 km atau kurang lebih 30 menit.

Setibanya di sana, wisatawan akan disambut oleh tebing batu yang menjulang tinggi yang salah salah satu sisinya dialiri oleh air dari Sungai Cigunung. Derasnya aliran air membuat area tersebut disebut sebagai Curug Sawer. Ketinggiannya mencapai 35 meter.

Perlu diingat agar selalu diterapkan dalam berwisata yang aman dan nyaman untuk menjalankan protokol kesehatan 3 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. (red/pen)

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
234SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

Suara Tokoh