Sunday, March 7, 2021

Pesona dan Rintangan Menantang Curug Pitu Margasari Kota Tegal Jawa Tengah

SuaraPemerintah.id – Curug Pitu di Margasari Kota Tegal Jawa Tengah merupakan suatu destinasi wisata yang tak jauh berbeda dengan wisata curug atau air terjun di daerah lainnya. Adapun hal yang membedakan antara Curug Pitu Margasari dengan Curug di kawasan lainnya adalah pesona dan perjalanannya yang penuh rintangan.

Tidak heran jika Curug Pitu di Margasari ini sering kali dikunjungi oleh para pecinta alam dan siswa/siswi ekskul pramuka. Mereka sering mengadakan suatu kegiatan penjelajahan ataupun sekedar jalan-jalan sambil uji nyali dan adrenalin diri. Bagaimana tidak, untuk dapat naik dan melihat keindahan Curug Pitu ini harus melewati berbagai rintangan dalam perjalanannya.

Jika kamu ingin berkunjung dan menikmati keindahan Curug Pitu di Margasari ini maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah persiapan, baik itu bekal, obat-obatan P3K dan yang terpenting lagi yaitu transportasi. Lokasi Curug Pitu ini ada di perbukitan Margasari Kota Tegal. Wisata Curug Pitu ini berjarak sekitar 4,5 KM ke Tenggara dari Pasar Margasari. Setelah melewati pasar Margasari, kamu perlu berjalan kaki melewati sungai dan perbukitan dengan berbagai macam batu-batuan runcing disekitarnya.

Ketika musim hujan, sebaiknya jika ingin berlibur melihat Curug Pitu ini kamu harus membawa tali temali atau tali tambang untuk menolongmu melewati sungai yang menghadang apabila airnya tiba-tiba meninggi. Tali tersebut dapat kamu kaitkan pada pohon-pohon jati di sekitarnya, kemudian kamu dapat memegang dan menarik tali tersebut selagi melewati sungai yang deras. Jangan lupa jika belum terbiasa, berhati-hatilah, ajaklah pemandu yang bisa membantumu melewati sungai dan mendaki ke atas bukit.

Perjalanan setelah melewati sungai kurang lebih mencapai satu jam hingga mencapai puncak Curug Pitu. Pemandangan alam yang akan kamu lihat pada perjalanan menuju Curug Pitu adalah hamparan hutan jati yang amat lebat. Jalan yang akan kamu lalui berupa jalanan datar dan panjang melewati hutan jati dan juga kebun milik warga sekitar. Setelah menempuh perjalanan panjang yang datar tersebut, kamu masih harus menanjak dan tidak lupa berhati-hati karena jalanan akan terasa licin oleh air hujan atau air yang berasal dari embun hingga air terjun yang mengalir ke bebatuan disekitarnya.

Kamu tidak perlu khawatir atas perjalanan yang melelahkan, karena ketika kamu melihat air Curug yang mengalir deras dari atas bukit, rasa lelahmu akan terbayarkan. Kamu pun dapat beristirahat di bendungan yang telah disediakan sebagai tempat berteduh sambil menikmati sejuknya alam yang tersaji, dinginnya cipratan air Curug yang jatuh dan hutan tropis (heterogen) yang masih alami.

Wisata Curug Pitu di Margasari, Tegal, Jawa Tengah merupakan kawasan alternatif wisata bagi kamu yang ingin membuang stress dan tentu saja mencuci mata dari kepenatan selama masa Pandemi Covid-19. Bagi kamu yang suka berpetualang pasti akan berbahagia dengan pemandangan yang masih alami dan rintangan yang akan kamu lalui.

Curug Pitu ini adalah serangkaian air terjun yang bermacam-macam jumlahnya. Curug pertama yang akan kamu lihat adalah satu buah air terjun yang mengalir deras dari atas bukit. Curug kedua terdapat dua buah air terjun, curug ketiga dan keempat terdapat dua hingga tiga air terjun yang berjejer rapi di atas bukit.

Jika kamu menanjak hingga ke atas bukit, maka yang akan kamu temukan adalah air terjun yang jumlahnya bila dihitung maka mereka akan mencapai angka tujuh (7). Inilah mengapa wisata Curug di Margasari dinamakan dengan Curug Pitu. Pitu dalam bahasa Jawa artinya tujuh. Maka Curug Pitu diartikan sebagai Curug (air terjun) yang berjumlah tujuh.(red/eva)

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
234SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

Suara Tokoh