Sunday, April 18, 2021

Tingkatkan Efisiensi Penyaluran Dana, Pemerintah Fokuskan 3 Strategi Percepatan Integrasi Data Dana Bantuan Pemerintah

SuaraPemerintah.id – Pemulihan sektor ekonomi dan kesehatan dari dampak pandemi Covid-19 masih menjadi fokus pembangunan pada 2021. Salah satu upaya strategis untuk pemulihan tersebut adalah melalui dana bantuan pemerintah untuk masyarakat terdampak pandemi yang disalurkan melalui kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Namun, pada pelaksanaannya, pengelolaan dana bantuan pemerintah tidak beroperasi secara optimal karena data yang digunakan sebagai acuan saling tumpang tindih dan berdampak pada kurang tepatnya sasaran penerima bantuan sehingga memerlukan penambahan sumber daya manusia serta waktu untuk melakukan pembenahan data secara manual.

Untuk mengurai masalah tersebut, Kementerian PPN/Bappenas melalui Sekretariat Satu Data Indonesia bersama Kementerian Keuangan menyelenggarakan Forum Satu Data Indonesia Tingkat Pusat 2021: Sistem Informasi Dana Bantuan Pemerintah Terintegrasi pada Senin (1/3) secara daring.

Kegiatan ini selaras dengan fokus utama Peta Rencana Satu Data Indonesia 2021 yakni menyelenggarakan Satu Data Indonesia secara kolaboratif, terintegrasi, dan menyeluruh dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional dengan tujuan menciptakan Sistem Informasi Dana Bantuan Pemerintah terintegrasi sebagai wujud pengelolaan keuangan negara yang sejalan dengan Kebijakan Satu Data Indonesia.

Selaku Koordinator Forum Satu Data Indonesia Tingkat Pusat, Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas Taufik Hanafi menyebutkan setidaknya terdapat empat tantangan utama integrasi Data Dana Bantuan Pemerintah.

“Pertama, data kurang mutakhir dan lengkap karena absennya standardisasi data. Kedua, data penerima bantuan yang masih tumpang tindih mengakibatkan minimnya akurasi dalam menentukan sasaran penerima bantuan. Selain itu, mekanisme verifikasi dan validasi data yang belum terkelola dengan baik bisa menghasilkan data yang terduplikasi. Tantangan terakhir, kurangnya sumber daya manusia yang kompeten untuk komputasi dan analisa data sehingga masih ditemukan data yang tidak padan,” ungkapnya.

Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian PPN/Bappenas Vivi Yulaswati menegaskan pentingnya integrasi data bantuan sosial tersebut untuk menanggulangi kemiskinan.

Pemerintah akan fokus pada tiga strategi upaya percepatan integrasi tersebut.

Pertama, identifikasi data Program Bantuan Pemerintah/Bantuan Sosial.

Kedua, penyusunan daftar data untuk kebutuhan mendesak kaitannya dengan Data Dana Bantuan Pemerintah yang akan dibahas melalui Forum SDI.

Ketiga, penetapan hasil identifikasi data dan penyusunan daftar data melalui Forum Satu Data Indonesia tingkat Pusat.

“Manakala pemerintah membuat suatu bantuan sosial atau mengadaptasi kebijakannya, setidaknya ada tiga faktor yang digunakan yaitu siapa targetnya, sasarannya, berapa besarnya, manfaatnya, dan seberapa besar bansos tersebut bisa mengompensasi risiko yang diakibatkan, misalnya terjadi kenaikan harga, nah itu biasanya menentukan besarnya beberapa perhitungan yang dilakukan dan berapa lama,” ujarnya.

Forum Satu Data Indonesia tersebut juga memastikan kesepakatan berita acara yang dipimpin Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kementerian Keuangan Sudarto selaku Ketua Kelompok Kerja Forum SDI bidang Keuangan Negara yang memuat tiga poin kesepakatan.

Pertama, kesepakatan terkait perlunya membangun sistem informasi dana bantuan pemerintah terintegrasi dengan tanpa mengurangi kewenangan masing-masing kementerian/lembaga.

Kedua, penggunaan identitas tunggal yaitu Nomor Induk Kependudukan sebagai data induk referensi dalam sistem bantuan pemerintah terintegrasi.

Ketiga, akan dibentuk tim kecil (task force) untuk memformulasikan hal-hal teknis terkait penyusunan integrasi sistem informasi dana bantuan pemerintah. Berita acara yang disepakati tersebut akan digunakan sebagai dasar penyelenggaraan  sistem informasi data dana bantuan pemerintah terintegrasi oleh penyelenggara Satu Data Indonesia.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
279SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh