Senin, September 22, 2025
spot_img

BERITA UNGGULAN

120 Tahun Makin Eksis, Pegadaian Raih 2 Penghargaan di Bidang Komunikasi dan Inovasi

SuaraPemerintah.idPT Pegadaian (Persero) memperoleh dua penghargaan bergengsi. Dalam bidang komunikasi, Pegadaian mendapat penghargaan Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2021, Special Achievement for BUMN & BUMD yang diselenggarakan oleh SuaraPemerintah.id dan lembaga riset TRAS N CO Indonesia. Sementara dari sisi inovasi, Pegadaian mendapatkan penghargaan The Best Innovation in Marketing, Product, and Services dari salah satu media tv swasta nasional.

Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2021 didedikasikan khusus untuk perusahaan BUMN dan BUMD yang berhasil memanfaatkan digital public relations mereka dalam berkomunikasi untuk menciptakan persepsi positif dan membangun reputasi terhadap perusahaan di mata publik.

- Advertisement -

Pemimpin Umum SuaraPemerintah.ID Arief Munajad, S.E., M.M. mengatakan bahwa SuaraPemerintah.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia menggelar Indonesia TOP Digital PR Award 2021 untuk mengapresiasi kegiatan PR Digital di BUMN dan BUMD di seluruh Indonesia.

“Apresiasi ini sebagai bentuk dukungan kami agar PR BUMN dan BUMD semakin terpacu untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam membangun reputasi perusahaan,” tambah Arief.

- Advertisement -

CEO TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo, S.E., M.M., mengatakan bahwa para peraih TOP Digital PR Award 2021, Special Achievement for BUMN & BUMD merupakan perusahan yang dinilai telah berhasil menjalankan public relations untuk meningkatkan reputasi perusahaan di ranah digital.

“Melihat pentingnya peran PR di BUMN dan BUMD, maka kami perlu memberikan apresiasi untuk memacu kinerja PR dalam upaya membangun reputasi positif BUMN dan BUMD di era digital saat ini,” kata Tri.

Tri menjelaskan bahwa para pemenang dinilai berdasarkan survei TOP DIGITAL PR INDEX. Survei dilakukan mulai dari bulan Desember 2020 hingga Februari 2021 dengan menggunakan metode Desk Survey terhadap lebih dari 100 perusahaan BUMN dan 800 perusahaan BUMD. Indonesia TOP Digital PR Award 2021 menggunakan tiga parameter penilaian digital, yaitu: Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect dan Digital Awareness Aspect.

Berdasarkan riset survey TRAS N CO, Pegadaian dinilai sebagai salah satu BUMN yang paling adaptif terhadap perkembangan teknologi digital dengan lebih dari 26 ribu ulasan tentang Pegadaian di mesin pencarian. PT Pegadaian telah diberitakan sebanyak 7.800 kali lebih di berbagai media online dengan 96 persennya merupakan berita yang positif.

Inovasi dan Tranformasi Pegadaian di Era Digital

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani mengatakan komunikasi digital saat ini merupakan salah satu elemen penting sejalan dengan program transformasi yang dijalankan perusahaan.

“Saat ini Pegadaian terus menjalankan transformasi yang meliputi transformasi digital, kultural dan transformasi bisnis agar perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. Sejak tahun 2018 perusahaan telah meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital sebagai media komunikasi sekaligus transaksi yang cepat, akurat, mudah, dan aman,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021).

Sampai dengan akhir 2020, lanjutnya, aplikasi Pegadaian Digital telah digunakan oleh 2,7 juta nasabah dengan 3,4 juta transaksi senilai Rp 5,1 triliun. Menurutnya, hal ini menunjukkan transformasi digital yang dilakukan oleh perusahaan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Soal penghargaan The Best Innovation in Marketing, Product, and Services, Basuki mengatakan penghargaan ini diperoleh atas keberhasilan Pegadaian dalam meningkatkan citra dan penjualan produk perusahaan melalui The Gade Coffee & Gold. Saat ini, imbuhnya, kedai yang dikelola anak perusahaan ini telah berdiri di 34 lokasi strategis kota-kota besar yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Selain memberikan manfaat bagi internal perusahaan dalam meningkatkan citra dan kinerja, The Gade Coffee & Gold juga membuka lapangan pekerjaan bagi 250 karyawan. Kedai kopi yang mengusung tagline ‘True Coffee Pure Gold’ ini sepanjang 2020 telah menyerap 9,6 ton kopi lokal dari 100-an petani di berbagai daerah.

“Kami ingin The Gade Coffee dapat mengangkat brand kopi lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Di samping itu juga sekaligus meningkatkan inklusi keuangan khususnya kesadaran melakukan investasi dan menabung emas untuk menjaga stabilitas ekonomi keluarga,” jelas Basuki.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

Ikuti Kami

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,910PelangganBerlangganan

Terbaru