Sunday, May 9, 2021

Indonesia Komitmen Lindungi 6 Situs UNESCO Global Geopark

SuaraPemerintah.id – Indonesia terus berkomitmen untuk melindungi dan melestarikan situs global geopark yang telah ditetapkan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Keenam situs itu termasuk Belitong Geopark yang baru ditetapkan dalam UNESCO Global Geopark, Kamis (15/4/2021).

“Indonesia berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya perlindungan dan pelestarian situs geopark dan di saat yang bersamaan, memanfaatkan kekayaan situs tersebut untuk mempromosikan ekonomi masyarakat lokal secara berkelanjutan,” sebut siaran pers Kedutaan Besar Republik (KBRI) Paris, Jumat (16/4/2021).

Belitong merupakan geopark nasional Indonesia keenam yang secara resmi masuk ke dalam daftar UNESCO Global Geopark. Sebelumnya, diketahui Indonesia telah berhasil mendaftarkan 5 lokasi yakni Kaldera Toba, Batur, Ciletuh, Gunung Sewu, dan Rinjani.

Berbagai upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pengembangan geo-pariwisata dan geo-edukasi yang dapat membuka peluang untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakat lokal melalui promosi budaya dan produk lokal.

“Indonesia juga berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan melibatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan di situs geopark,” tambah siaran pers KBRI Paris.

Melalui UNESCO Global Geopark Program ini, Indonesia dapat memanfaatkan jaringan Global Geoparks Network dan Asia Pacific Geoparks Network untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam upaya mengelola situs geopark dengan mengedepankan aspek pendidikan, sains, pemberdayaan masyarakat lokal, dan pembangunan berkelanjutan.

Penetapan Belitong sebagai UNESCO Global Geopark dilakukan dalam Sidang ke-211 Dewan Eksekutif yang diselenggarakan secara virtual dari Paris, Prancis, kemarin.

Dalam sidang itu, Geopark Belitong bersamatujuh nominasi lain direkomendasikan oleh UNESCO Global Geopark Council (UGGC) untuk dienkripsi sebagai UNESCO Global Geopark baru.

“Geopark Belitong, yang terletak di Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu prioritas dalam pembahasan dan berhasil mendapatkan rekomendasi positif untuk dimasukan ke dalam daftar UNESCO Global Geopark,” sebut siaran pers KBRI Paris.

Indonesia juga memiliki banyak kekayaan alam dan budaya yang masuk dalam daftar antara lain sembilan situs warisan budaya dan alam dan 18 cagar biosfer.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,523FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
308SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh