Sunday, May 9, 2021

Kemhub Pastikan Angkutan Laut Nonpemudik Tetap Berjalan Biasa

SuaraPemerintah.id – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubla Kemhub) Agus Purnomo menegaskan aktivitas angkutan laut nonmudik seperti pengiriman kargo tetap berjalan seperti biasa pada masa larangan mudik Idulfitri 1442 Hijriah mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

“Mudik menggunakan kapal laut dilarang untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menularkan virus corona,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (18/4/2021).

Dirjen Agus pada Sabtu meresmikan GeNose C-19 sebagai alat pemeriksaan Covid-19 bagi calon penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dalam kesempatan itu, dia menegaskan, meski telah menetapkan GeNose C-19 sebagai alat pendeteksi Covid-19, tetapi mudik menggunakan moda transportasi kapal laut pada 6 hingga 17 Mei tetap tidak diperbolehkan.

Agus menunjuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang pengendalian transportasi selama masa Idulfitri 1442 Hijiriah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Jadi meskipun kita sudah bisa melakukan pengentasan Covid-19 tapi harus memastikan untuk tidak menularkan kepada siapa pun. Kita ingin negeri ini betul-betul dapat mengendalikan Covid-19 sehingga ekonominya bangkit dan semua bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Sebelumnya diberitakan Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Ahmad mengaku akan memberikan sanksi tegas bagi angkutan kapal yang berani mengangkut penumpang pada 6-17 Mei 2021.

“Jika terdapat kapal yang melanggar larangan tersebut, maka akan dikenakan sanksi administratif sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya dalam keteranganya Minggu (11/4).

Namun, kata Ahmad, untuk sektor transportasi laut, pengecualian diberlakukan terhadap kapal-kapal untuk kebutuhan khusus. Misalnya, kapal penumpang yang melayani pemulangan TKI atau pekerja migran Indonesia serta ABK WNI pada kapal asing.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,523FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
308SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh