Sunday, May 9, 2021

Mensos Risma Akan Terapkan Program Pahlawan Ekonomi

SuaaraPemerintah.id – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau akrab disapa Risma akan menerapkan program bertajuk pahlawan ekonomi bagi mereka yang memperdayakan penerima manfaat dari Kementerian Sosial.

Menurutnya hal ini pernah diterapkannya saat menjawab sebagai Wali Kota Surabaya. Namun, kali ini dirinya akan memadukan dengan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Di Kemensos ini kan ada Program Keluarga Harapan (PKH) dimana ada aspek pemberdayaan di situ. Nah saya waktu Wali Kota Surabaya kan mengembangkan Pahlawan Ekonomi. Jadi ini saya coba untuk dipadukan,” kata Mensos Risma dalam keterangan tertulis, Minggu (18/4/2021).

Dengan memadukan dua program ini, mantan wali kota Surabaya yang menjabat dua periode ini ingin melakukan akselerasi.

Menurutnya, dengan program bantuan tunai Rp 300 ribu per bulan dibutuhkan intervensi tambahan agar keluarga penerima manfaat (KPM) bisa mandiri secara ekonomi.

Program Pahlawan Ekonomi yang digagas Bu Risma ini fokus pada pemberdayaan ibu rumah tangga dari keluarga prasejahtera di Surabaya. Pahlawan Ekonomi membidik perempuan (istri) sebagai potensi menggerakkan mesin kedua perekonomian.

Dia menceritakan hal ini disampaikannya dalam dalam rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi beberapa waktu lalu.

Politisi PDIP ini pun menyebut usulannya mendapat respon dari Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

“Paparan saya mendapat tanggapan dari Bapak Kepala Bappenas. Pak Kepala Bappenas menyampaikan, Bu pola ibu di Surabaya untuk pemberdayaan ekonomi kami adopsi ya,” cerita Risma.

Kemensos sebelumnya juga telah mengembangkan Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) yang menyasar KPM PKH graduasi dengan rintisan usaha.

ProKUs adalah program lanjutan dari PKH, untuk melatih secara mandiri para KPM dengan potensi usaha yang dimiliki, agar usaha mereka lebih berkembang lagi.

Prokus tidak hanya memberikan dana, namun juga bimbingan para mentor sesuai jenis usaha KPM. Sejauh ini, ProKUS sudah banyak memberikan manfaat kepada penerima bantuan.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,523FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
308SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh