Selasa, Agustus 3, 2021
spot_img

Permandian Matakidi, Keindahan Mata Air di Desa Barangka

SuaraPemerintah.id – Desa Barangka, Kecamatan Barangka Kabupaten Muna Barat (Mubar) memiliki salah satu destiansi wisata alam yakni Permandian Matakidi.

Permandian Matakidi merupakan permandian yang sumber airnya dari mata air bebatuan dan membentuk sebuah kolam alam dengan kedalaman kurang lebih 2 meter. Airnya jernih dan kebiruan serta dingin.

Untuk mencapai lokasi wisata ini sangat mudah. Dari Kota Raha, ibukota Kabupaten Muna, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 30 km melewati jalan poros Raha- Kabupaten Mubar.

Dalam kawasan wisata ini terdapat sejumlah pohon besar dan rindang dengan usia yang telah mencapai ratusan hingga ribuan tahun. Sejumlah burung endemik Sultra juga bisa disaksikan di lokasi ini. Dalam keadaan tertentu, sekelompok monyet berekor panjang akan bergelantungan di atas pohon yang semakin menambah kealamian dari wisata ini.

Selain menjadi lokasi wisata, tak sedikit pula masyarakat setempat yang menjadikan permandian ini sebagai tempat untuk mengambil air tower, mencuci bahkan sekedar ingin mandi.

Kemudian, sekitar 20 meter di sebelah kanan Matakidi, terdapat lokasi mata air dengan nama Ambolokidi. Mata air ini bukan untuk berenang melainkan dijadikan lokasi ritual adat sejak zaman dahulu.

Konon tempat ini dijadikan tempat pembuangan bayi yang dilahirkan tidak sempurna dan masih banyak cerita-cerita rakyat yang berbau mitos di tempat wisata ini mulai dari sejarah terbentuk hingga penghuni dari lokasi kawasan wisata ini.

Untuk masuk ke tempat wisata ini pun gratis karena Pemkab Mubar belum memungut PAD dari permandian ini.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
362PelangganBerlangganan

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

Special Interview

GPR Milenial

Suara Tokoh

close