Selasa, Agustus 3, 2021
spot_img

Presiden: LKPP 2020 WTP Pencapaian Baik di Tahun yang Berat

SuaraPemerintah.id – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyampaikan secara resmi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2020 kepada Presiden Republik Indonesia di Istana Negara, Jumat (25/06). Dalam laporannya, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPP 2020.

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa opini WTP kelima kalinya sejak tahun 2016 ini membuktikan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas LKPP walaupun di tengah situasi pandemi Covid 19.

“Alhamdulillah opininya adalah Wajar Tanpa Pengecualian. WTP merupakan pencapaian yang baik di tahun yang berat. Ini WTP yang kelima yang diraih pemerintah berturut-turut sejak tahun 2016,” ujar Presiden.

Meski demikian, predikat WTP bukanlah tujuan akhir. Pemerintah akan berupaya untuk mengelola uang rakyat dengan sebaik-baiknya.

“Kita ingin mempergunakan uang rakyat dengan sebaik-baiknya, dikelola dengan transparan dan akuntabel. Kualitas belanja semakin baik, makin tepat sasaran, memastikan setiap rupiah yang dibelanjakan betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, oleh rakyat,” kata Presiden.

Presiden juga menekankan bahwa pemerintah akan sangat memperhatikan rekomendasi-rekomendasi BPK dalam mengelola APBN. Para menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah diharapkan dapat segera menindaklanjuti dan menyelesaikan semua rekomendasi pemeriksaan BPK.

“Karena itu, pemerintah akan sangat memperhatikan rekomendasi-rekomendasi BPK dalam mengelola pembiayaan APBN. Defisit anggaran dibiayai dengan memanfaatkan sumber-sumber pembiayaan yang aman, dilaksanakan secara responsif mendukung kebijakan countercyclical dan akselerasi pemulihan sosial ekonomi, dikelola secara hati-hati, kredibel, dan terukur,” ujar Presiden.

Sebagai informasi, BPK telah melaksanakan pemeriksaan atas 86 Laporan Keuangan Kementerian Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LK BUN) dengan hasil dua kementerian dan lembaga dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), 84 LKKL dan 1 LK BUN dengan opini WTP. Hasil pemeriksaan atas LKPP sebagai konsolidasi dari 86 LKKL dan 1 LK BUN tahun 2020 menunjukkan bahwa LKPP telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan sehingga opininya adalah WTP.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
362PelangganBerlangganan

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

Special Interview

GPR Milenial

Suara Tokoh

close