Jumat, September 17, 2021
spot_img

Sri Mulyani Sebut Ekonomi RI Peringkat Terbaik di ASEAN

SuaraPemerintah.id – Sri Mulyani mengatakan perekonomian Indonesia saat ini di atas negara-negara di ASEAN. Walau Bank Dunia menurunkan kelas Indonesia menjadi negara dengan penghasilan menengah ke bawah, tetapi perekonomian Indonesia saat ini di atas negara-negara di ASEAN.

Hal tersebut seperti diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ia mengatakan, peringkat ekonomi Indonesia berada di atas rata-rata negara di Asia Tenggara (ASEAN).

Sebagai informasi, realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 2,07 persen year on year (yoy) di 2020. Kontraksi tersebut lebih baik dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi di Asean berdasarkan data Asian Development Outlook pada April 2021 yang kontraksi 4 persen yoy.

“Ekonomi kita lebih baik peringkatnya dari Asia Tenggara, Alhamdulillah Indonesia bisa mencegah pemburukan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi 2020 yang hanya mengalami kontraksi sekitar dua persen,” kata Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (15/5/2021)

Lanjutnya, kinerja neraca perdagangan justru mengalami surplus hingga USD 21,72 miliar. Meroket dari capaian tahun 2019 yang mengalami defisit sebesar USD3,59 miliar.

“Neraca Perdagangan mengalami surplus yang melonjak tinggi dari 2019 yang mengalami defisit sebesar USD 3,59 miliar,” katanya seperti dilansir IDXchanel.com.

Dia menambahkan, pemerintah akan terus menyeimbangkan penanganan pandemi secara efektif dengan memulihkan ekonomi, serta membangun fondasi ekonomi Indonesia agar semakin kuat.

Salah satu upaya tersebut melalui reformasi struktural agar Indonesia menjadi tujuan investasi bagi masyarakat Indonesia sendiri maupun seluruh investor di dunia.

“Kepercayaan dari investor untuk bisa memulihkan dan untuk bisa ikut berinvestasi di Indonesia tentu akan menambah akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia,” tandasnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
1,350PelangganBerlangganan

Special Interview

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

GPR Milenial

Suara Tokoh

close