Kamis, Desember 9, 2021
spot_img

Ini 5 Destinasi Ramah Muslim di Indonesia

SuaraPemerintah.ID-Menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar, tentunya membuat Indonesia memiliki potensi dalam membuat serta meningkatkan destinasi moslem friendly tourism tanah air.
Tujuan utama dibentuknya wisata ramah muslim tentunya adalah untuk meningkatkan daya tarik dan kepuasan turis muslim datang ke Indonesia. Karena itu peningkatan layanan amenitas, atraksi, hingga aksesibilitas wisatawan muslim terus dikembangkan.
Sekadar catatan, pada 2019 sekitar 20 persen dari 14,92 juta turis asing yang datang ke Indonesia merupakan wisatawan muslim.
Menurut laporan Global Muslim Travel Index 2019 (GMTI), kualitas wisata halal Indonesia dari segi akses, komunikasi, lingkungan, serta pelayanan berada di peringkat pertama dari 130 negara tujuan wisata ramah muslim.
Bahkan, Indonesia berhasil menyapu bersih 12 dari 16 penghargaan dalam World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi.
Tentunya keberhasilan Indonesia ini menjadi salah satu langkah baru agar terus mengoptimalkan wisata ramah muslim di Indonesia.
Saat ini perkembangan wisata ramah muslim telah memasuki fase pasar global. Oleh karena itu, melakukan pengembangan moslem friendly tourism wajib dijalankan, guna mendorong Indonesia menjadi pemimpin dalam wisata ramah muslim dunia.
Tentunya beberapa langkah pengembangan wisata ramah muslim wajib dilakukan di setiap destinasi. Misalnya menyediakan kebutuhan dasar wisatawan muslim.
Mulai dari menyediakan air untuk bersuci, makanan halal, fasilitas ibadah yang memadai, paket wisata halal, hingga mengembangkan pariwisata halal di Indonesia secara lebih luas.
5 Destinasi Ramah Muslim di Indonesia
Menurut Lembaga riset dan sertifikasi halal, CrescentRating, ada 5 destinasi moslem friendly tourism tanah air yang tercatat dalam Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019, seperti berikut ini:
Lombok
Selain memiliki keindahan alam yang memesona, Lombok turut menjadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia. Bahkan Lombok pernah menduduki peringkat pertama wisata halal di Indonesia versi “Indonesia Muslim Travel Index” (IMTI) 2019.
Lombok berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam World Halal Tourism Award 2016, yaitu World’s Best Halal Beach Resort, World’s Best Halal Honeymoon Destination, dan World’s Best Halal Tourism Website.
Penghargaan tersebut tentunya tidak bisa dipisahkan dengan kelengkapan fasilitas yang ada di Lombok. Seperti 60 restoran bersertifikat halal, 8.456 masjid, dan 60 hotel bersertifikat halal.
Ditambah lagi, Lombok memiliki 25 situs heritage Islam, 98 dari 161 moslem friendly attraction, 7 islamic event, dan 11 paket tur wisata halal.
Aceh
Destinasi ramah muslim selanjutnya adalah Aceh. Menurut IMTI 2019 Aceh menduduki peringkat 2 sebagai wisata ramah muslim di Indonesia.
Dalam World Halal Tourism Award 2016, Aceh berhasil mendapatkan penghargaan World’s Best Airport for Halal Travellers – Sultan Iskandar Muda International Airport dan juga World’s Best Halal Cultural Destination.
Selain itu, Aceh memiliki beberapa destinasi wisata unggulan antara lain Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman, hingga berbagai pantai cantik yang akan melengkapi liburan di destinasi ramah muslim satu ini.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
1,840PelangganBerlangganan

Berita GPR

Special Interview

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

GPR Milenial

Suara Tokoh