Kamis, Desember 9, 2021
spot_img

Pemkab Grobogan Terus Gempur Peredaran Rokok Ilegal

SuaraPemerintah.ID – Pemerintah Kabupaten Grobogan terus berantas peredaran rokok ilegal, yang mengakibatkan turunnya penerimaan negara sekaligus membahayakan kesehatan masyarakat.

“Oleh karena itulah, maka Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan bersama dengan pemerintah daerah dan Forkopimda terkait, gencar melakukan gerakan sosialisasi, pengawasan, dan penindakan barang kena cukai ilegal,” tutur Wakil Bupati Grobogan, Bambang Pujiyanto, saat mengisi talkshow Pemberantasan Rokok ilegal, di gedung Riptaloka, Rabu (24/11/21).

Ia menuturkan, cukai rokok yang dipungut negara merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang cukup penting.

Sebagian anggaran tersebut disalurkan kembali kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/ kota, melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Lebih lanjut, Bambang menambahkan, Pemerintah Kabupaten Grobogan pada 2021 mendapatkan alokasi DBHCHT sebesar Rp14.873.745.000.

Dana DBHCT tersebut dialokasikan untuk mendanai tiga sektor. Di antaranya, sektor kesehatan sebesar 25 persen yang dikelola oleh Dinas Kesehatan. Kemudian sektor kesejahteraan rakyat sebesar 50 persen yang dikelola oleh Dispertan dan Disnakertrans, serta sektor penegakan hukum sebesar 25 persen.

Bambang Pujiyanto menegaskan, alokasi dana tersebut diatur secara tegas dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206 Tahun 2020.

“Pemanfaatan anggaran DBHCHT ini sangat ketat dan rinci, di mana Pemkab Grobogan hanya bisa melaksanakan Program dan kegiatan yang sesuai dengan Nomenklatur yang diamanatkan dalam PMK 206/2020 tersebut,” pungkasnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
1,840PelangganBerlangganan

Berita GPR

Special Interview

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

GPR Milenial

Suara Tokoh