Kamis, Desember 9, 2021
spot_img

Perusahaan Timah Dukung Pelestarian Ikan Endemik di Bangka Belitung

SuaraPemerintah.ID-PT Timah Tbk memberdayakan komunitas Yayasan Ikan Endemik Bangka Belitung atau The Tanggokers untuk melestarikan ikan lokal maupun ikan endemik di Bangka Belitung, khususnya ikan air tawar.

The Tanggokers merupakan komunitasi yang bergerak di bidang pelestarian ikan lokal dan ikan endemik Bangka Belitung.

The Tanggokers akan melakukan penelitian terhadap ikan lokal dan endemik Bangka Belitung, dimana penelitian ini diharapkan dapat menjadi sarana belajar dan edukasi bagi masyarakat luas tentang ikan lokal dan ikan endemik.

Yayasan tersebut telah mendata sebanyak 89 jenis ikan lokal serta tujuh ikan endemik di Bangka Belitung. Ikan lokal di Bangka Belitung diantaranya Channa Lucius, Ompok , Wallago Leeril, Parakyis SP, Brevibora Cheeya, Paltynota dan lainnya.

Sedangkan Ikan endemik seperti parosphromenus deissneri, Enchoclaries tapeinocterus, wild betta cloroparynx , wild betta burdigala , wild berta schalleri dan lain-lain.

Ketua Umum Yayasan Ikan Endemik Bangka Belitung mengatakan, Suwarlanda The Tanggokers mempunyai tujuan untuk melestarikan ikan yang berada di Babel serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang ikan-ikan endemik maupun ikan lokal di Bangka Belitung.

Para ikan yang telah ditemukan akan di uji spesies genetik di Universitas Bangka Belitung serta bekerjasama juga dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

“Tujuan The Tanggokers ini untuk melestarikan ikan-ikan endemik dan lokal yang ada di Bangka Belitung dan juga kami ingin memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai ikan-ikan yang ada di Bangka Belitung ini,” katanya belum lama ini.

Ia mengapresiasi, dukungan PT Timah Tbk yang telah memberdayakan yayasan mereka dalam pelestarian ikan lokal dan ikan endemik di Bangka Belitung, yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi dukungan yang selalu diberikan PT Timah Tbk kepada masyarakat melakukan kegiatan positif seperti ini, Kampun senang atas dukungan PT Timah Tbk dalam kegiatan melestarikan ikan di Bangka Belitung, serta telah membuat kami semakin bergerak maju kedepan yang ditujukan untuk seluruh masyarakat,” sambungnya. Ia berharap, kedepannya PT Timah Tbk akan tetap terus mendukung kegiatan pelestarian ikan di Bangka Belitung.

PT Timah menyerahkan bantuan dana kepada The Tanggokers pada Senin sore (23/11/21). Penelitian ini diharapkan menjadi sarana belajar dan edukasi bagi masyarakat tentang ikan lokal dan ikan endemik.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
1,840PelangganBerlangganan

Berita GPR

Special Interview

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

GPR Milenial

Suara Tokoh