Minggu, Agustus 14, 2022
spot_img

BERITA UNGGULAN

AYO KITA BERJALAN KAKI

SuaraPemerintah.ID – Hampir kebanyakan masyarakat di dunia seperti Jepang, Korea, Belanda dan juga di negara Indonesia  suka dan sering berjalan kaki, dalam aktifitas kehidupan  mereka sehari hari, namun manfaat jalan kaki ternyata belum banyak di sadari  di sebagian besar masyarakat Indonesia, padahal aktifitas berjalan kaki banyak memberikan manfaat dan  kebaikan bagi tubuh kita, diantaranya bisa untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan berat badan, dan dapat  memperkuat sendi tulang, serta dapat mencegah keropos tulang atau osteoporosis.

Olahraga berjalan kaki masih dianggap olahraga ringan dan khusus diperuntukan bagi para orang tua dan lanjut usia. Olahraga ini masih kalah pamor dengan olahraga lain seperti angkat beban, renang, ataupun bersepeda. Padahal menurut penelitian menunjukkan bahwa olahraga jalan kaki dapat memberikan manfaat yang luar biasa bila dilakukan secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari.

Yuuk kita simak apa aja sih manfaat olahraga berjalan kaki

Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Mencegah penyakit jantung

Berjalan kaki sama efektifnya seperti berlari dalam hal pencegahan penyakit jantung dan stroke. Aktivitas ini membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah namun jika anda memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk mengetahui durasi jalan kaki yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan anda.

2. Mencegah diabetes tipe 2

Pada 2021, International Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang dewasa (umur 20 – 79 tahun) atau 1 dari 10 orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia. Diabetes juga menyebabkan 6,7 juta kematian atau 1 tiap 5 detik, dan Indonesia menempati urutan ke-5 dengan jumlah pasien  pengidap diabetes sebanyak 19,47 juta. Dengan jumlah penduduk sebesar 179,72 juta, ini berarti prevalensi diabetes di Indonesia sebesar 10,6%.

Melakukan olahraga jalan kaki secara rutin dan konsisten dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 .  Hal ini karena jalan kaki dapat memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa. Sebagaimana kita ketahui glukosa bermanfaat sebagai sumber energi utama bagi  tubuh manusia.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat jalan kaki sangat efektif sekali untuk membantu menurunkan berat badan, ini pastinya sangat diharapkan oleh banyak orang khususnya kaum hawa. Dengan rutin berjalan kaki selama 40 menit setiap hari, Kalian bisa membakar setidaknya 200 kalori. Apalagi berjalan kaki dengan langkah cepat, maka akan semakin banyak pula kalori yang terbakar. Hal tersebut dapat membantu kalian mengontrol berat badan, sehingga menjadikan tubuh lebih sehat. Olahraga ini sangat aman dan dapat untuk mengecilkan perut secara cepat dan efektif. Namun tentunya perlu di imbangi dengan pola makan yang sehat.(clean food).

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

[gs-fb-comments]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,060PelangganBerlangganan

TERPOPULER HUMAS

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview