Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Para Genius Indonesia yang Penemuannya Mencengangkan Dunia

SuaraPemerintah.ID – Genius adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki tingkat intelejensia tinggi. Standar kualifikasi seseorang untuk mendapatkan julukan itu setidaknya memiliki nilai skor tes IQ di atas 140. Dengan tingkat intelejensia mumpuni yang dimilikinya, para genius ini tak hanya mendedikasikan ilmunya bagi bangsa, sumbangsih mereka juga memberikan manfaat besar untuk dinamika peradaban di seluruh dunia.

Indonesia memiliki banyak sosok genius yang penemuannya mencengangkan dan membuat dunia terkagum-kagum. Berikut SuaraPemerintah.ID merangkum 5 genius asli Indonesia yang telah berhasil mengubah dunia.

- Advertisement -
  1. Baharudin Joesoef Habibie

Tak ada orang Indonesia yang tak mengenal sosok yang satu ini. Mantan Presiden RI yang akrab disapa B.J. Habibie ini adalah ilmuwan asal Indonesia yang paling dikenal dunia. Teori Crack, yaitu rumus menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang untuk mengetes kualitas pesawat terbang adalah hasil kegeniusan almarhum Profesor B.J. Habibie yang dia temukan pada 1960.

  1. R.M. Sedyatmo

- Advertisement -

Terinspirasi dari pohon kelapa yang tetap berdiri tegak di atas topangan akar serabutnya, menghasilkan solusi problematika teknik yang tengah dihadapinya dalam membangun konstruksi berat di atas lahan rawa pesisir yang lembek dengan hasil penemuan pondasi cakar ayam pada 1961. Dengan teknik pondasi cakar ayam hasil inovasi almarhum Profesor R.M. Sedyatmo ini, sebuah bangunan mengandalkan tekanan pasif tanah dan gaya lateral yang diterima pelat, sehingga tidak perlu menembus lapisan tanah keras.

  1. Tjokorda Raka Sukawati

Genius dari Bali ini adalah otak di balik teknik Sosrobahu yang banyak diadaptasi untuk membangun jalan layang secara cepat, hemat dan efisien, di area-area padat di seluruh dunia. Dengan hasil penemuan almarhum Ir. Tjokorda Raka Sukawati pada 1988 ini, memudahkan pembangunan konstruksi melayang tanpa mengganggu arus lalu lintas di sekitarnya.

  1. Yogi Ahmad Erlangga

Penelitian matematis yang dilakukan Profesor Yogi Ahmad Erlangga pada waktu ia akan meraih gelar Doktor di Delf University of Technology Belanda pada 2004 menghasilkan penemuan yang membuat banyak insinyur minyak di seluruh dunia dapat bekerja lebih cepat dengan akurasi yang tinggi pula. Pasalnya, ia berhasil memecahkan persamaan Helmholtz sebagai salah satu rumus matematika tersulit di dunia yang digunakan untuk pencarian minyak bumi.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru