Kamis, Desember 8, 2022
spot_img
BerandaOPINI PRAHUMPancasila dan Budaya Menghalau Covid 19.

Pancasila dan Budaya Menghalau Covid 19.

Pancasila dan Budaya Menghalau Covid 19.

SuaraPemerintah.ID – Pancasila adalah landasan ideologi atau dasar negara Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara, berarti Pancasila dijadikan pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Itulah pancasila, namun yang menjadi pertanyaan sudahkah kita mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari hari?.
Saya adalah ASN di Pemerintah Kabupaten Lamandau, setelah kami dinyatakan lulus tes seleksi CPNS kami diharuskan mengikuti Diklat Latsar CPNS selama 3 bulan.

Dalam diklat itu kami diajarkan teori penghayatan pancasila dan UUD 45 serta bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai PNS. Kalau kalian pernah ikut tes CPNS, coba kalian lihat di pesyaratan nomor 1 dan 2, pasti ada kalimat warga negara Indonesia, setia kepada Pancasila dan UUD 45 sebagai syarat melamar PNS.

Itu membuktikan bahwa PNS merupakan garda terdepan dalam pengamalan dan penegakan pancasila di masyarakat dan keluarga. Contoh pengamalan pancasila sebenarnya banyak sekali kita temukan dalam kehidupan sehari hari,beribadah, tepa salira, tolong menolong, membeli barang umkm negeri sendiri,bermusyawarah , bersikap adil, merupakan hal-hal yang sering kita jumpai dan lakukan dalam hidup sehari hari. Sebagai ASN di Kabupaten Lamandau baru baru ini dikeluarkan imbauan Bupati Lamandau nomor 800/446/VI/BKPSDM/2021 tanggal 23 Juni 2021 tentang Himbauan Pelaksanaan Apel Pagi.

Dalam Rangka Memelihara Serta Meningkatkan Rasa Kebangsaaan Dan Cinta Tanah Air Pengadian Terhdap Negara Dan Rakyat Indonesia Serta Ketaatan Terhadap Ideologi Pancasila dan UUD 45 yang merujuk pada Surat Kemendagri Ri Nomor B/86/M.KT/00/2021 tanggal 14 Juni 2021 dengan perihal sama, yang memerintahkan agar seluruh ASN dan tenaga kontrak Pemerintah Kabupaten Lamandau, untuk mendengarkan Lagu Kebangsaaan Indonesia Raya, Membacakan Naskah Pancasila,dan melakukannya setiap hari kerja pada jam tertentu. Ini merupakan bentuk nyata pengamalan dan perbuatan butir-butir pancasila dalam kehidupan setiap ASN di Kabupaten Lamandau.

Baru-baru ini akibat dari pandemi corona, Bupati Lamandau menginstruksikan agar ASN Kabupaten Lamandau menyisihkan sebagian uangnya untuk menyumbangkan beras bagi masyarakat miskin di Kabupaten Lamandau,ini merupakan bentuk musyawarah dan mufakat , yang menjadi bukti nyata pengamalan Pancasila dalam kehidupan. Bukan kebetulan Kabupaten Lamandau memiliki semboyan Bahaum Bakuba, yang berarti musyarawarah untuk mufakat. Pengamalan Pancasila sudah ada sejak dulu berakar dari masyarakat adat Kabupaten Lamandau yang melahirkan semboyan tersebut.

Tanpa kita sadari Pancasila dan perintah perintahnya telah kita lakukan dalam kehidupan kita, Pancasila merupakan falsafah hidup bangsa dan pedoman masyarakatnya. Salah satu contoh pengamalan pancasila yang dilakukan oleh ASN dan Masyarakat Kabupaten Lamandau adalah acara Tulak Bala, atau Tolak Bala. Ritual adat ini diadakan khusus dengan tujuan agar pandemi corona segera berakhir, bukan hanya di Lamandau, namun juga di seluruh dunia.

Acara ini diadakan di seluruh penjuru Kabupaten lamandau dengan tetap memeperhatikan protokol kesehatan. Esok harinya tanggal 8 Juli 2021.Melalui surat edaran Bupati Lamandau nomor 800/485/VII/BKPSDM/2021 tanggal 6 Juli 2021, dengan perihal Penerapan Work From Home Ritual Adat Dayak Balalayah Tulak Bala. Masyarakat kabupaten lamandau pada tanggal 8 Juli 2021 dilarang keluar rumah.

Kita pasti sering mendengar dimana PPKM atau lockdown, sering terjadi masyarakat banyak yang melanggar, namun pada hari itu masyarakat bekerja sama dengan tokoh adat, alim ulama, tokoh agama, barisan pemuda, ormas adat dan pihak keamanan, bahu membahu, bergotong royong mensukseskan Acara Tulak bala. Tidak ada masyarakat yang keluar rumah, Kota Nanga Bulik sepi, semua masyarakat turut serta mensukseskan dengan diam di rumah. Semua orang dari berbagai profesi, ikut mengamalkan salah satu butir pancasila, musyawarah mufakat yang bertujuan demi kemashalahatan ummat.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER PRAHUM

OPINI PRAHUM