Kamis, Desember 8, 2022
spot_img

BERITA UNGGULAN

Tak Perlu Bingung, Begini Cara Membuat SKCK di Luar Domisili KTP

SuaraPemerintah.ID – Anda yang berada di luar domisili KTP alias jauh dari rumah, tak perlu bingung bila mendadak harus membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Tak perlu ambil cuti untuk mengurus selembar surat penting ini yang tentunya membutuhkan banyak biaya untuk transportasinya.

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, berikut ini cara membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) luar domisili KTP. Simak bagaimana cara mengurusnya ke Polres setempat dan berkas apa saja yang wajib dibawa.

- Advertisement -

SKCK umumnya menjadi salah satu syarat umum ketika melakukan pendaftaran kerja, baik di lingkup CPNS ataupun beragam lowongan pekerjaan lainnya.

SKCK ini berlaku selama 6 bulan sejak tanggal diterbitkan dan bisa diperpanjang jika memang diperlukan.

- Advertisement -

Namun menjadi kendala ketika SKCK dibutuhkan tapi tidak sedang dalam domisili KTP alias di luar domisili.

Pembuatan SKCK di luar domisili ini dapat dibantu oleh pihak Polres setempat dengan membawa berkas-berkas tertentu.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

34 KOMENTAR

  1. kak mau tanya, utk kerabat/keluarga yang mengantarkan berkas ke polres sesuai ktp apakah perlu dibuatkan surat kuasa?

  2. Tetap saja ribet karena harus melibatkan kerabat atau keluarg klo polres dkt klo jauhkan Sama aja.kenpa harus ribet sih KTP sekarang kan elektrik apa salahnya GK usah di persulit

  3. Sama ribet nya kalo harus melibatkan kluarga
    Blum ngurus berkas di tempat blum lagi ngurus d tempat domisili KTP knpa harus di persulit ya Allah

  4. Sama ribet nya kalo harus melibatkan kluarga
    Blum ngurus berkas di tempat blum lagi ngurus d tempat domisili KTP .

    • Birokrasi yang bobrok, apa gunanya e ktp, kok prosesnya ribet amat masih manual.. Kurang apa lagi kalian wooiii

  5. Msh ada berkas tmbahan seperti surat keterangan tinggal sementara dari dukcapil.yg keluarnya bisa sampai 3 hari. Jdi tetap sulit.

  6. Sidik jari sudah ada di ktp.
    Kurang apa merwka ga tau kalo bikin ktp di rekam dulu wajah fan sidik jari.skck masih nanyain🤦‍♂️

  7. Anjir lah bikin skck aja pake sulit amat, orang bikin sim aja seluruh indonesia dah bisa, apa masalahnya gitu lo bikin skck dimana aja kan fungsinya juga sama aja pak pol oh pak pol. Pantes pd susah dpt kerja bikin skck aja dipersulit bgt

  8. Ribet, buat apa teknologi maju tapi kita tetep harus ribet, udah serba digital, masih harus mondar mandir ..

  9. seharusnya dengan e ktp sudah kedetek dong yg bersangkutan bermasalah dengan hukum apa tidak. jd tidak usah smp k rumah asal .

  10. Gak berguna sangat tidak membantu, minimal jika tidak di daerah asal minta aja surat domisili tempat kita bertempat tinggal saat itu ngurus di Rt Rw sebagai bukti kalau kita bertempat tinggal di wilayah nya dan itu menjadi acuan pembuatan SKCK bahkan e KTP pun harusnya tidak perlu mutar sana sini buang waktu

  11. Masih mending ribet kalau bisa diurus, ini saya sudah kepolsek, ditolak mentah-mentah, suruh minta dipolsek sesuai domisili KTP, KTP kalbar, masa iya saya PP Jakarta – kalbar cuma buat SKCK, kerja belum dapat, keluar ongkos tiket PP, tambah sengsara😔

  12. Ribet amat hidup di negara ini,untuk mengurus SKCK harus meribetkan orang lain dulu, pdahalbktp udah elektronik,masak gw harus ngrim dokumen ke Sumatra dulu pdhal gw domisili skrg di Jakarta. Mau dftar online ribetnya juga mintak ampun, dsruh ngisi data rw sesuai KTP udah gw isi alat RT gw 0vkrna mmg d tempat gw ga ada RT2an malah ga bisa, harus di isi, trus data bapak gw disuruh isi juga, orang bapak gw udah meninggal,trus gw harus ngisi umur dia berapa ?di kosongin ga bisa.. stress gw lama2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,150PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview