Selasa, Februari 7, 2023
spot_img

BERITA UNGGULAN

Pagu Anggaran Kemenperin Rp 2,91 Triliun Tahun 2023

SuaraPemerintah.ID – Pagu anggaran Kementerian Perindustrian tahun 2023 menjadi Rp2,91 triliun dari sebelumnya Rp2,62 triliun pada pagu indikatif atau meningkat sebesar Rp287 miliar. Peningkatan anggaran tersebut akan dialokasikan untuk program-program strategis yang dijalankan oleh Kemenperin pada tahun depan.

“Alokasi tambahan tersebut antara lain akan dipergunakan untuk partisipasi Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe, penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru berbasis daerah potensial, serta pembangunan Indonesia manufacturing center,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Senin (29/8).

- Advertisement -

Program strategis lainnya, yaitu fasilitasi sertifikasi TKDN produk industri dalam negeri, fasilitasi sertifikasi halal produk industri, restrukturisasi mesin/peralatan industri, penyusunan neraca komoditas, dan fasilitasi sertifikasi industri hijau.

“Selain itu, akan digunakan untuk pembentukan kelembagaan dan operasionalisasi Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0),” ujar Agus.

- Advertisement -

Sementara itu, alokasi pagu anggaran Kemenperin berdasarkan program,meliputiprogram dukungan manajemen sebesar Rp1,51 triliun,program nilai tambah dan daya saing industri sebesar Rp914,59miliar,sertaprogram pendidikan dan pelatihan vokasi sebesar RP491,89 miliar.

Pada kesempatan ini, Menperin memaparkan, alokasi anggaran Kemenperin pada tahun 2022 masih berjalan dari total pagu sebesar Rp2,86 triliun. Beberapa capaian kegiatan yang dilaksanakan, antara lain pelaksanaan penumbuhan dan pengembangan Wirausaha Baru (WUB) kepada 5.342 industri kecil dan menengah (IKM), yang sampai Agustus 2022 sudah mencapai 4.330 IKM atau 81,05%.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,180PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview