Selasa, Februari 7, 2023
spot_img

BERITA UNGGULAN

Setkab dan Moleg Republik Korea Tingkatkan Kerja sama Legislasi

SuaraPemerintah.ID – Deputi Bidang Polhukam Setkab, Purnomo Sucipto menerima kunjungan Director General of Ministry of Government Legislation (Moleg) Republic of Korea Choe Young-chan beserta delegasi di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (15/09/22) pagi. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas kelanjutan kerja sama antara kedua lembaga.

“Kami sangat berbahagia pada pagi hari ini karena kami dapat bertemu untuk pertama kalinya secara tatap muka dengan Director General Moleg yang baru. Kami berbahagia dan mengucapkan selamat kepada Mr. Choe Young-chan atas jabatan barunya. Semoga Mr. Choe Young-chan senantiasa sehat, senantiasa gembira, dan selalu amanah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” ungkap Purnomo.

- Advertisement -

Ia menegaskan bahwa pertemuan ini merupakan wujud komitmen kedua pihak untuk meningkatkan hubungan kemitraan antara kedua negara, khususnya di bidang legislasi. Di samping itu, pertemuan tersebut juga dilakukan untuk membahas beberapa topik kerja sama yang akan dilakukan oleh Moleg dan Setkab pada masa yang akan datang.

Untuk diketahui, kerja sama antara Setkab dan Kementerian Legislasi Republik Korea telah dimulai sejak penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai Kerja Sama antara Setkab dan Kementerian Legislasi Republik Korea (Memorandum of Understanding on Cooperation Between the Cabinet Secretariat of the Republic of Indonesia and the Ministry of Government Legislation of the Republic of Korea) pada 10 September 2018 di Seoul, Korea Selatan.

- Advertisement -

“Kami berharap pertemuan selama kurang lebih dua jam ini dapat berlangsung dengan lancar, dengan efektif, serta menghasilkan poin-poin kesepahaman dalam pelaksanaan program dan kegiatan kerja sama yang akan bermanfaat bagi kedua pihak,” ujar Purnomo.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam, kedua pihak sepakat untuk melanjutkan kerja sama dengan membentuk Rencana Aksi Tahun 2022-2024. Dalam rencana aksi tersebut, Setkab dan Kementerian Legislasi Republik Korea Selatan akan menggelar beberapa kegiatan, antara lain Asian Legislative Experts Symposium pada 29 September 2022, Seminar of Legislative Cooperation pada tanggal 2 November 2022, serta KOICA Official Development Assistance (ODA) Project pada tahun 2023-2024.

Purnomo memandang, perlu dibentuk forum yang secara khusus untuk mendiskusikan terkait peraturan perundangan-perundangan. Untuk itu, ia berharap Asian Legislative Experts Symposium (ALES) yang akan digelar di Korea Selatan, dapat menjawab kebutuhan tersebut.

“Tentu saja kami dengan senang hati akan memenuhi untuk berpartisipasi dalam forum apapun yang digagas oleh Korea, karena kami merasa sejarah Korea, geografis Korea, budaya Korea, hampir sama dengan kami. Jadi kami ingin kita bersama, Korea dan Indonesia menjadi masyarakat yang maju, negara yang maju untuk dunia yang lebih baik,” ungkapnya.

Deputi Polhukam Setkab juga berharap kerja sama yang telah disepakati oleh kedua pihak dapat berdampak luas terhadap pemerintah maupun masyarakat di Indonesia dan Korea.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,180PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview