Kamis, Desember 8, 2022
spot_img

BERITA UNGGULAN

Kepala BKKBN Ajak Keluarga Lampung Barat Terapkan Pancasila Dalam Membangun Keluarga Berkualitas

Berdasarkan riset kesehatan dasar, gangguan emosi mental (Mental Emotional Disorder) di kalangan remaja dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr.(H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam kegiatan peresmian Lamban Pancasila di Kabupaten Lampung Barat, 24 November 2022

- Advertisement -

Lebih lanjut, Hasto menjelaskan bahwa di tahun 2013 remaja yang menderita gangguan emosional sebesar 6,1 % dan mengalami peningkatan pada saat ini sebesar 9, 8%. hal ini menimbulkan kendala yang serius dalam menghadapi indonesia emas 2045. karena ketika remaja yang menderita gangguan emosional nantinya menikah, akan menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah kasus perceraian, hal ini ditandai dengan semakin tingginya kasus perceraian, dimana menurut data nasional kasus perceraian mulai dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2021 mengalami peningkatan yang pesat.

Menindaklanjuti permasalahan tersebut, Presiden Joko Widodo menugaskan BKKBN untuk membina seluruh keluarga Indonesia agar menjadi Keluarga yang berkualitas, salah satunya caranya dengan mendorong para keluarga di Indonesia khususnya di kabupaten Lampung Barat untuk menerapkan Pancasila In Action, yaitu, penguatan peran keluarga dalam menanamkan Konsep Pancasila pada kehidupan sehari hari.

- Advertisement -

Kemudian, Hasto menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya terhadap Pemerintah Kabupaten Lampung Barat atas diresmikannya Lamban Pancasila dan berharap agar keluarga di Kabupaten Lampung Barat menjadi keluarga yang berkualitas dalam mendukung Indonesia Emas 2045.

“Saya harap keluarga di Lampung Barat dapat menggaungkan dan menerapkan nilai -nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari hari agar menjadi keluarga yang berkualitas”,  jelas Hasto.

Di akhir kata sambutannya Kepala BKKBN menjelaskan tentang Salam BKKBN, dimana salam tersebut melambangkan cinta, kasih damai dalam keluarga sembari mengajak seluruh ribuan tamu undangan untuk mempraktekkan Salam BKKBN, Berencana itu Keren.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lampung Barat H. Parosil Mabsus menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa atas kunjungan dari Kepala BKKBN ke Lampung Barat sekaligus meresmikan Lamban Pancasila. Bapak Bupati juga menjelaskan bahwa Lamban Pancasila merupakan simbol dari kearifan lokal yang menjujung tinggi toleransi dalam keberagaman, kerukunan dan kemajemukan budaya di Kabupaten Lampung Barat.

Kemudian kepada masyarakat Lampung Barat, Parosil menyampaikan bahwa seluruh masyarakat mempunyai kewajiban untuk menekan laju pertumbuhan penduduk salah satunya dengan ber – KB, beliau menegaskan bahwa ber – KB tidak hanya diperuntukan untuk kaum ibu, namun kaum bapak juga mempunyai kewajiban yang sama.

Tidak lupa sebagai bentuk perhatian Bupati terhadap program BanggaKencana, dalam rangka untuk meningkatkan kualitas penyuluhan KB, Bupati berharap agar pada 2023 BKKBN dapat memfasilitasi kendaraan bermotor bagi Penyuluh KB dan Tim Pendamping Keluarga di Kabupaten Lampung Barat.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan gamolan pekhing (alat musik tradisional Lampung Barat) oleh Kepala BKKBN bersama Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) DR. Drs. Karjono, S.H., M.Hum., Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi Agus Widiatmoko, S.S., Anggota DPR RI Komisi I Bidang Pertahanan Drs. Mukhlis Basri.

Turut dilaksanakan pada kegiatan tersebut pemberian bantuan sosial secara simbolis terhadap ibu menyusui oleh Kepala BKKBN didampingi oleh Bupati Lampung Barat dan Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,150PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview