Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Talkshow Literasi, Anggota DPRD Apresiasi DKPUS Babel Lebih Baik

- Advertisement -

SuaraPemerintah.ID – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (26/11/2022) malam menggelar Talkshow Literasi di Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang.

Dalam talkshow itu menghadirkan 4 narasumber berkompeten diantaranya Anggota Komisi I DPRD Babel Ustaz Dede, Kepala DKPUS Babel Rakhmadi, Kepala Kantor Bahasa Babel M Isyad, dan Budayawan sekaligus penulis buku Akhmad Elvian.

- Advertisement -

Talkshow berlangsung lebih kurang 1 jam dimoderatori oleh Penggiat Literasi Babel Ahmadi Sopian, diikuti dan disaksikan sejumlah komunitas literasi Babel, dan masyarakat umum dan pengunjung Festival Literasi dan Arsip (Festrip) Babel 2022.

Para narasumber Talkshow Literasi foto bersama dengan salam literasi.(foto: ist).

Anggota DPRD Babel Ustaz Dede Purnama Alzulami dihadapan para narasumber dan masyarakat umum menyampaikan apresiasi kepada DKPUS Babel. “Saya apresiasi DKPUS Babel yang saat ini lebih baik dari kemarin,” katanya.

- Advertisement -

Bahkan Ustaz Dede terang-terangan menyebutkan bahwa dewan akan mensupport perubahan yang dilakukan oleh DKPUS Babel, salah satunya anggaran untuk mendukung sarpras Gedung Layanan Perpustakaan Provinsi yang diharapkan awal tahun 2023 sudah bisa ditempati.

Ia juga berharap nanti melalui sinergitas eksekutif dan legislatif, di depan Gedung Layanan Perpustakaan Provinsi itu juga dibangunkan stanjak yang merupakan ciri khas dari adat melayu Babel.

- Advertisement -

Sebagai langkah dukungan lainnya dalam hal peningkatan literasi di Babel, dewan kata Ustaz Dede, juga telah melakukan kunjungan ke Perpustakaan DIY. Ia menyebutkan, Gedung Layanan Perpustakaan di kota pelajar itu sangat bagus.

Begitu pula Budayawan Akhmad Elvian dalam kesempatan sama menyanjung DKPUS Babel awal tahun depan sudah memiliki Gedung Layanan Perpustakaan Provinsi yang baru.

Karena berdasarkan pantauan dia, selama ini  Perpustakaan Provinsi selalu berpindah-pindah tempat dan belum memiliki Gedung Layanan Perpustakaan sendiri.

Berkenaan dengan literasi, Elvian selaku penulis buku mengatakan sejarah itu dimulai sejak manusia mengenail literasi, yakni baca dan tulis. Jadi, lompatan besar peradaban budaya terjadi ketika orang mengenali literasi.

“Yang jadi masalah, kita lemah dalam hal literasi. Karena kita banyak bertutur, dalam artian lebih banyak ke sastra lisan,” ungkapnya.

Kepala Kantor Bahasa Babel M Irsan mengemukakan pihaknya saat ini memiliki tiga program prioritas utama, pertama literasi kebahasaan dan kesatraan.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,580PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview