Kamis, Desember 8, 2022
spot_img

BERITA UNGGULAN

Wajib Dikunjungi, Desa Wisata Sambongrejo Wisata Terbaik di Blora

SuaraPemerintak.ID – Bagi Anda warga Kabupaten Blora tak perlu bingung mengisi liburan di akhir pekan. Desa Wisata yang ada di Kabupaten Blora bisa anda kunjungi yaitu Desa Wisata Sambongrejo yang terletak di Kecamatan Sambong.

Selain terkenal dengan kearifan lokal Desa Samin, Desa Wisata Sambongrejo juga terpilih sebagai Desa Wisata terbaik di Kabupaten Blora dalam Festival Desa Wisata Blora 2022.

- Advertisement -

Di tingkat Jawa Tengah, Sambongrejo juga berhasil masuk 10 besar Desa Wisata terbaik yang saat ini sedang menjalani penilaian tahap selanjutnya.

Di sini, wisatawan bisa mengikuti fam trip, belajar banyak tentang kearifan lokal sedulur sikep (Samin), belajar beternak, membatik, dan kuliner tradisional desa. Beberapa homestay bahkan disediakan untuk menginap.

- Advertisement -

Seperti rombongan turis yang mengikuti fam trip akhir pekan lalu. Sesampainya di depan gerbang Kampung Literasi Sedulur Sikep Samin Sambongrejo, wisatawan langsung disambut dengan musik tradisional blek gendang. Yang dimainkan oleh anak muda dengan tembang jawa.

Selanjutnya, rombongan mendapat welcome drink dengan teh cangkruk. Sejenis minuman tradisional khas Kampung Samin yang terbuat dari tanaman secang yang dicampur dengan jahe dan bahan lainnya.

Sebelum memasuki kawasan utama Kampung Samin, semua wisatawan diajari memakai tiket samin atau ikat kepala (udeng).

Mbah Pramugi Prawiro Widjojo selaku sesepuh Sedulur Sikep Sambongrejo juga bergantian mengenakan ikat kepala untuk para tamu.

“Ini melambangkan bahwa kami telah menerima tamu wisatawan sebagai saudara kami di desa ini dan siap mengikuti rangkaian wisata budaya dan edukasi di sini,” kata Mbah Pramugi.

Rombongan wisatawan diajak menyusuri gang-gang desa yang tertata rapi dan bersih. Dihiasi ornamen topi gunung hingga Balai Besar Desa Samin.

Bangunan Pendopo Agung yang berbentuk atap joglo merupakan tempat pertemuan utama sedulur sikep.

Para wisatawan dipersilakan duduk di lesehan sambil mendengarkan cerita sejarah Sedulur Sikep (Samin) dengan segala ajarannya mulai dari kehidupan hingga tradisinya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,150PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview