Suarapemerintah.id – Untuk mencegah adanya keluhan pelanggan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, PT PLN (Persero) hari ini membuka layanan lapor meteran listrik secara mandiri.
Layanan yang bernama Baca Meter Mandiri ini memungkinkan pelanggan mengetahui penghitungan pemakaian listriknya. Pelaporan mandiri ini akan digunakan sebagai perhitungan tagihan rekening Juli
Caranya pun sangat mudah, pelanggan hanya tinggal mengambil foto dari stand meter dan mengirimnya lewat pesan singkat WhatsApp ke nomor 0812-2123-123.
Setelah oke lalu Tulis pesan ‘Halo’ dan pesan otomatis yang muncul akan mengarahkan pelanggan ke langkah selanjutnya.
Jika ID pelanggan dan hari baca telah sesuai, ketik angka stand kWh meter beserta foto kWh meter. Ingat, foto yang dikirimkan harus jelas atau bisa dibaca.
Perseroan menyatakan telah menurunkan petugas untuk mencatat stand meter langsung ke rumah pelanggan per Mei lalu. Namun, bagi pelanggan yang belum didatangi petugas dapat melakukan pelaporan daring untuk menghindari tagihan listrik yang membengkak.
Berikut cara untuk menggunakan layanan ‘Baca Meter Mandiri’ via Whatsapp seperti dikutip dari keterangan resmi PLN,
1. Hubungi PLN melalui WA di nomor 08122 123 123
2. Ketik “Halo”
3. Ketik 2 untuk melakukan baca meter mandiri
4 . Baca informasi yang muncul
5. Masukan ID pelanggan
6. Jika ID pelanggan dan hari baca sudah sesuai, silakan ketik angka stand kWh meter Ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas)
7. Selesai. PLN akan melakukan verifikasi data yang telah dikirimkan pelanggan.