Sunday, April 18, 2021

Sumber Mata Air Cikoromoy, Salah Satu Pesona Wisata di Pandeglang

SuaraPemerintah.id – Pandeglang adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Banten. Ada banyak tempat wisata di Kabupaten Pandeglang.  Wisata utamanya adalah pantai-pantai dan beberapa pulau yang indah dan masih alami.

Hanya saja, karena bencana tsunami akibat erupsi gunung anak krakatau, sektor pariwisata berupa pantai dan beberapa pulau akhirnya belum banyak dikunjungi pada saat ini.  Walaupun level erupsi gunung anak krakatau sudah semakin menurun.

Tetapi, kamu jangan sedih untuk tidak dulu mengunjungi pantai dan pulau yang ada di Kabupaten Pandeglang. Karena, Kabupaten yang terletak di kaki Gunung Karang ini juga mendapatkan keuntungan dalam segi perairan alamnya, yaitu sumber mata air.

Ada beberapa sumber mata air yang dimanfaatkan oleh warga untuk kebutuhannya sehari-hari dan ada juga yang dijadikan tempat wisata sebagai kolam mata air. Salah satunya adalah sumber mata air Cikoromoy.

Selain untuk kebutuhan masyarakat, sumber mata air di daerah ini dijadikan kolam renang. Jadi, ada empat kolam yang ada di cikoromoy; dua kolam mata air bebatuan yang masih alami dan dua kolam yang dibangun menjadi kolam renang dengan tegel.

Keempat kolam ini tidak pernah sepi pengunjung pada saat weekdays ataupun weekends. Karena, disamping tiket masuknya yang terjangkau hanya Rp. 5000 per orang, air di kolam ini sangat jernih dan segar. Setiap waktu, air di kolam ini terus mengalir tanpa henti sehingga airnya terus berganti walaupun sering dipakai untuk berenang.

Memang tidak banyak fasilitas yang diberikan oleh tempat wisata kolam mata air cikoromoy ini,  tetapi kebutuhan pokok seperti toilet, kamar ganti, dan warung-warung makan banyak tersedia.

Penyewaan permainan anak, seperti ban pelampung juga banyak terdapat di sekitar kolam. Ada juga beberapa warung yang juga menjual baju kaos dan celana pendek untuk berenang. Lahan parkir di tempat wisata ini pun cukup luas.

Lokasi kolam mata air Cikoromoy hanya sekitar 11 km dari alun-alun Kota Pandeglang. Setelah mengambil jalur ke arah Selatan, kamu tinggal melihat arah jalan. Hanya saja, kamu harus menurunkan kecepatan kendaraan kamu, karena semakin mendekati daerah ini jalannya semakin menyempit. Nilai plusnya adalah jalan menuju daerah ini sudah semakin bagus dan nyaman.

Kamu juga bisa menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota (angkot) dengan trayek pandeglang – mandalawangi, ataupun dengan ojeg pangkalan atau online.

 

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
279SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh