Sunday, April 18, 2021

Brekecek Pathak Jahan Makanan Khas Cilacap

SuaraPemerintah.id – Di Jogja ada gudeg, di Palembang ada pempek, di Cilacap makanan khasnya apa? Ada brekecek pathak jahan yang tiada duanya.

Letak Cilacap yang berada di pesisir pantai selatan, membuat Cilacap memiliki banyak makanan dari olahan laut. Salah satunya brekecek pathak jahan ini.

Walau sudah lama ada di tengah masyarakat Cilacap, brekecek pathak jahan resmi menjadi makanan khas Cilacap berdasarkan Surat Keputusan Bupati Cilacap Nomor 556/501/18/Tahun 2014 pada tanggal 6 November 2014.

Selain brekecek pathak jahan, juga ada brekecek basur yang diresmikan berdasarkan surat tersebut. Jadi, brekecek ini bisa bahan dasarnya selain pathak jahan.

Makanan apa sih brekecek pathak jahan? Kenapa sampai harus diresmikan?

Brekecek adalah gabungan kata dari kata brek dan kecek. Brek berarti dijatuhkan atau diletakkan. Dan kecek artinya dikecek atau dicampur.

Jadi, brekecek ini adalah cara memasak yang meletakkan bahan dasarnya lalu dicampur dengan bumbu yang khas.

Pathak adalah kepala, dan jahan adalah jenis ikan yang diolah yaitu ikan jahan. Jadi, pathak jahan adalah bagian kepala dari ikan jahan. Daging atau badan ikan jahan biasanya diolah menjadi ikan asin yang kita tahu namanya menjadi ikan asin jambal roti.

Jambal roti ini merupakan salah atu ikan asin yang dagingnya tebal. Biasanya bentuk setelah menjadi ikan asin menjadi lebar karena dibelah jadi dua.

Karena bagian dagingnya diolah menjadi ikan asin, kepala ikan jahan ini biasanya dibuang. Namun, di bagian kepala ikan jahan ini ternyata juga ada daging yang tersisa.

Sehingga kepala ikan jahan ini diolah menjadi brekecek agar tidak terbuang sia-sia.

Brekecek pathak jahan ini dimasak dengan bumbu dapur yang tidak susah dicari. Seperti: cabai merah, kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, daun salam, gula merah, serai, dan kemiri.

Untuk sensasi pedas bisa menambah cabai rawit. Bumbu tersebut dimasak sedemikian rupa bersama dengan pathak jahan.

Tidak lupa menambahkan daun kemangi dan perasan jeruk agar bau amis dari pathak jahannya berkurang.

Brekecek pathak jahan yang sudah matang sangat nikmat bila dihidangkan bersama nasi putih hangat dan cah toge.

Sensasi menyeruput daging di antara tulang kepala ikan jahan ini yang membuat brekecek pathak jahan disukai.

Apalagi bumbu yang terasa pedas dan asin meresap di daging berpadu dengan hangatnya nasi putih, tentu saja membuat lidah tidak ingin berhenti bergoyang.

Sekarang kita bisa menemui brekecek pathak jahan ini di rumah makan dekat pantai di Cilacap. Atau kamu tidak suka ikan? Bisa juga menikmati brekecek basur yang tidak kalah nikmatnya.

Dan jangan lupa juga pulangnya membawa oleh-oleh makanan khas Cilacap. Seperti: kerupung tengiri, keripik yutuk, stik sukun dan masih banyak lagi lainnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,540FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
279SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh