Jumat, Juni 25, 2021

Gubernur Anies Buka Kembali Ragunan, Berikut Panduan Berkunjungnya

SuaraPemerintah.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, 24 taman kota dan Taman Margasatwa Ragunan, serta tiga hutan kota di Jakarta kembali dibuka selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Anies mempersilakan warga berkunjung ke tempat-tempat tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Ada kabar baik untuk kita semua, mulai tanggal 13 Maret 2021, sebanyak 24 taman kota dan Taman Margasatwa Ragunan serta 3 hutan kota akan dibuka kembali dengan memenuhi ketentuan yang berlaku pada masa PPKM ini tentunya,” ujar Anies Baswedan melalui akun twitter @aniesbaswedan, Sabtu (13/3/2021).

Anies mengatakan, belum semua taman dan hutan kota dibuka. Namun, Anies berharap masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar bisa memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Mereka yang berkunjung ke Ragunan diharapkan untuk mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak aman antar pengunjung.

Jika keadaannya semakin membaik, kata Anies, akan makin banyak taman dan hutan kota yang dibuka.

“Kami harap dengan terbukanya kembali taman, teman-taman dapat menemukan ketenangan di ruang terbuka bersama alam. Tetap jaga kesehatan serta keselamatan diri sendiri dan orang di sekitar kita dengan mematuhi protokol kesehatan dan prosedur tetap dalam RTH,” imbuh Anies.

Untuk berkunjung ke TMR, pihak pengelola juga telah membuat panduan, selain pendaftaran pengunjung secara online sebelum hari kunjungan.

Memasuki area TMR, pengunjung akan diperiksa suhu tubuhnya. Mereka pun harus menunjukkan bukti pendaftaran online pada petugas di loket untuk verifikasi data.

Kemudian, pengunjung diminta mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan di pintu masuk. Selanjutnya, pengunjung harus membersihkan alas kaki dengan keset desinfektan yang telah disediakan.

Lalu, melakukan tapping secara mandiri di gate. Untuk sementara, TMR melarang pengunjung anak berumur 0–9 tahun, ibu hamil, dan mereka yang berusia di atas 60 tahun.

Dibuka kembali Ragunan disambut dengan hangat oleh masyarakat. Salah seorang pengunjung Yatno (56) yang berasal dari Depok mengaku diajak temannya datang ke Ragunan. Yatno datang bersama temannya menggunakan sepeda.

“Dari teman infonya. Katanya udah dibuka. Yaudah ayo,” ujar Yatno di pintu masuk Ragunan, Jakarta Selatan.

Salah seorang petugas di loket masuk, Ningrum, mengatakan ada ratusan pengunjung yang terdata masuk. Padahal, Ragunan baru dibuka selama 30 menit.

“Sudah 382 pengunjung sampai jam 08.00 WIB ini,” ucap Ningrum.

TMR mulai dibuka kembali pada hari ini, Sabtu (13/3) sejak pukul 07.30 WIB. Rencananya, TMR akan menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan kapasitas pengunjung maksimal 50%atau sekitar 5.000 orang.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
331PelangganBerlangganan

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh