Sunday, May 9, 2021

Catat! 7 Event Wisata 2021 Di Jawa Tengah Yang Menarik Untuk Disaksikan

SuaraPemerintah.id – Salah satu sektor pariwisata yang terdampak oleh pandemi ialah penyelenggaraan event. Meski sedang terpuruk karena pandemi, event wisata di Jawa Tengah berusaha bangkit di tahun 2021.

Hal ini ditandai dengan peluncuran ‘Jawa Tengah Calendar of Events 2021‘ bersamaan dengan pembukaan POPDA Virtual Jateng 2021 di Hotel Patrajasa Semarang pada Rabu (7/4) kemarin.

Peluncuran kalender event Jawa Tengah ini menunjukkan semangat serta kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Jawa Tengah. Selain itu, penyelenggaraan event wisata Jawa Tengah tentunya akan berbeda dari kebiasaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment)

Tahun ini, sebanyak 7 Jawa Tengah yang diusulkan berhasil lolos ke tahap kurasi kedua untuk masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2021 oleh Kemenparekraf RI.

Inilah 7 Event 2021 di Jawa Tengah yang menarik untuk Anda saksikan.

International Mask Festival  – Kota Surakarta (11-12 Juni 2021)

International Mask Festival (IMF) merupakan acara tahunan berskala internasional yang mengusung konsep pertunjukkan seni topeng dan pameran kerajinan topeng. Dibawah naungan SIPA Community, IMF diselenggarakan sejak tahun 2014 dan telah menjadi event tahunan Kota Surakarta. diadakan setiap tahunnya di Kota Solo, Jawa Tengah.

Festival Sindoro Sumbing – Kab. Wonosobo & Kab. Temanggung (9 Juni – 20 Juli 2021)

Festival kolaboratif antara pemerintah Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, komunitas, akomodasi, dan swasta dengan mengangkat kearifan lokal dengan konsep seni pertunjukan. Para seniman yang berpartisipasi pada event ini berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah, luar Jawa Tengah, serta mancanegara.

Festival Arak-arakan Cheng Ho – Kota Semarang (18-19 Agustus 2021)

Festival Arak – Arakan Cheng Ho sebagai bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang 616 tahun lalu. Acara dimulai dengan kirab membawa patung Dewa dengan berjalan kaki dari Klenteng Tay Kak Sie di Pecinan menuju Klenteng Sam Poo Kong di Gedong Batu.  Festival Arak-arakan Cheng Ho dimeriahkan pula dengan pertunjukan kesenian yang ciamik yang menampilkan perpaduan seni Budaya Tionghoa dan Jawa.

Solo International Performing Arts (SIPA) Festival – Kota Surakarta (9-11 September 2021)

Solo International Performing Arts (SIPA) adalah pergelaran mahakarya seni pertunjukan yang diselenggarakan di Kota Surakarta. Sejak 2009, SIPA selalu melibatkan seniman lintas benua, Asia, Australia, Eropa, Afrika dan Amerika. Sajian kolosal dengan panggung spektakuler.

Dieng Culture Festival – Kabupaten Banjarnegara (10-12 September 2021)

Sebuah festival berkelas yang memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya serta tradisi di Dataran Tinggi Dieng. Dieng Culture Festival atau Festival Dieng akan menyuguhkan pertunjukan musik Jazz di Atas Awan di tengah suhu yang dingin, ragam kesenian tradisional, dan puncaknya ialah ritual khusus cukur rambut anak gembel (gimbal).

Festival Kota Lama – Kota Semarang (15-25 September 2021)

Festival Kota Lama terselenggara sejak tahun 2012 dengan tujuan mengangkat dan melestarikan Kota Lama Semarang sebagai kawasan cagar budaya. Festival Kota Lama hadirkan ragam warna nostalgia mulai dari pertunjukan seni hingga kuliner legendaris nusantara.

Festival Payung Indonesia – Kabupaten Klaten (3-5 September 2021)

Festival tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2014 oleh Mataya Arts & Heritage. Sejak tahun 2018 telah menjalin hubungan sister-festival dengan Borsang Umbrella Festival, Chiang Mai, Thailand. Festival Payung Indonesia adalah festival rakyat yang melibatkan meliputi perajin payung tradisi, beragam komunitas kreatif, pelestari seni tradisi, seniman kontemporer, fotografer, fashion desainer, artis dan dan lain-lain. Penyelenggaraan event semakin berkesan dengan berlatar Candi Prambanan yang megah dan elegan.

 

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,523FansLike
419FollowersFollow
22FollowersFollow
308SubscribersSubscribe

Terpopuler

Suara Rilis

GPR Milenial

Suara Tokoh