Jumat, September 17, 2021
spot_img

Indonesia Bakal Gunakan Pembayaran Tol Dengan Satelit Di 2022, Perdana Di Dunia

SuaraPemerintah.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono pastikan pemberlakuan sistem pembayaran tol non-tunai/nirsentuh akan terus digencarkan melalui program berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan segera dilakukan pada tahun 2022. Sistem pembayaran ini ditargetkan dapat diterapkan secara keseluruhan pada 2023 mendatang.

Menteri Basuki menegaskan, perubahan cara pembayaran tol akan tetap berada dalam kendali operator jalan tol. Maka dengan itu saya mendukung pemanfaatan konsep sharing infrastructure, guna meningkatkan instrumen untuk manajemen operasi dan keberlanjutan yang terjadi pada perusahaan jalan tol.

“Ini semua harus dipersiapkan sebelum kita menerapkan yang akan kita bangun Multi Lane Free Flow yang harus kita terapkan nanti pada tahun 2023 mendatang,” katanya dalam acara webinar, Kamis (29/8/21).

Dalam mendukung pembangunan tersebut, Menteri PUPR, Basuki mengirimkan jajaran PUPR dengan penugasan mendesain sistem pembayaran tol tanpa henti melalui MLFF ini.

“Ada sekitar 9 orang yang kita kirim ikut mendesain rencana MLFF yang akan diterapkan di Indonesia,” katanya.

Dalam mewujudkan ini semua, Kementerian PUPR telah menyiapkan sistem pembayaran tol tannpa henti sejak beberapa waktu lalu. Penerapan sistem ini memerlukan sistem teknologi satelit Global Navigation Satelite System (GNSS). Dengan adanya program ini Indonesia disebut-sebut bakal jadi negara pertama di dunia yang menerapkan pembayaran tol menggunakan sistem teknologi satelit bagi type kendaraan apapun, termasuk mobil pribadi. Selama ini, sistem ini hanya digunakan bagi kendaraan berat atau logistik di Eropa.

Alur program pembayaran tol tanpa henti ini akan mulai dilaksanakan pada tahun 2022. Perkiraan gambaran program ini akan dimulai di wilayah Jabotabek yang memiliki volume lalu lintas tol tinggi, untuk kemudian di ruas tol Jawa dan Bali pada tahun mendatang.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
1,350PelangganBerlangganan

Special Interview

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

GPR Milenial

Suara Tokoh

close