Jumat, September 17, 2021
spot_img

Makin Diminati, Bank Syariah Berinovasi ke Ranah Digital

SuaraPemerintah.ID – Hasil riset survey yang dilakukan Inventure-Alvara menunjukan makin tingginya masyarakat yang berminat menggunakan lembaga keuangan dengan prinsip syariah. Hasil riset dipublikasikan di acara Indonesia Industry Outlook 2nd Semester 2021 (IIO2021) pada Rabu 28 Juli 2021.

Seiring berkembangnya pasar muslim di Indonesia, ekonomi Syariah khususnya industri  keuangan Syariah turut berkembang pesat. Berbagai layanan terkait keuangan Syariah mulai menjadi pilihan bagi konsumen muslim.

Sementara itu pandemi COVID-19 juga membuat percepatan dalam hal transformasi digital tak terkecuali di perbankan Syariah. Kini perbankan Syariah sudah semakin up-to-date mulai dari proses bisnis, pelayan hingga aktivitas promosi sudah banyak dilakukan secara digital.

Studi yang dilakukan Inventure-Alvara menunjukkan, 58,7% responden menjawab dengan adanya pandemi mereka justru lebih memilih lembaga keuangan dengan prinsip Syariah dibanding konvensional.

Wakil Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Abdullah Firman Wibowo mengungkapkan bahwa munculnya pandemi mendorong peningkatan transaksi ranah digital, karena itu perbankan syariah harus melakukan perubahan.

“Dengan adanya peningkatan layanan berbasis digital yang didorong oleh pandemi membuat perbankan berubah termasuk perbankan berbasis syariah. Syariah commercial finnance & social finance sekarang berbasis digital,” ungkap Abdullah di acara Indonesia Industry Outlook 2nd Semester 2021.

Abdullah menjelaskan bahwa BSI sendiri sudah melakukan berbagai inisiatif terkait digitalisasi salah satunya dengan menarget pasar milenial dengan mengembangkan BSI Mobile yang telah dilengkapi berbagai fitur praktis dan sesuai kebutuhan nasabah.

Transformasi Digital Bank Syariah

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Hery Gunardi mengungkapkan strategi transformasi digital yang akan dilakukan perusahaan dan rencananya menjadikan mobile banking BSI menjadi sebuah super app. Transformasi ini dilakukan seiring dengan perubahan pola konsumen yang kini mengandalkan digital, serta terbatasnya mobilitas masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Digital atau online banking ini satu keniscayaan dalam perbankan, digitalisasi jadi jawaban yang harus dilakukan. Sekarang ini transaksi yang dilakukan dari electronic channel mencapai 85% , inilah yang membuat kami melakukan inovasi,” kata Hery.

Inovasi yang dilakukan BSI terutama dalam layanan mobile banking, sehingga bukan hanya sebagai alat transaksi keuangan namun juga memiliki fungsi yang lebih lengkap. Hery mengatakan BSI telah meluncurkan fitur menarik berupa pembukaan rekening dengan biometric face recognition.

Dengan begitu nasabah tidak perlu datang ke bank jika ingin membuat tabungan. Inovasi ini diharapkan bisa menarik nasabah milenial untuk menabung dan menggunakan bank syariah untuk kebutuhan keuangannya.

“Selain improve stabilisasi mobile banking kami akan ada paylater, jadi ini semakin melengkapi fitur yang sudah ada. BSI ini unik karena tidak seperti yang lainnya, kami ada fitur gadai dan cicilan emas. Jadi nasabah bisa gadai dan cicil emas lewat mobile banking,” kata Hery.

Selain itu, banyak fitur lainnya yang bisa dijadikan andalan nasabah seperti transfer, pembayaran, hingga QRIS. Hery menegaskan BSI Mobile Banking bisa dijadikan sebagai sahabat keuangan sosial bagi nasabah, dan ke depannya akan menjadi sebuah super app banking.

Dia menambahkan mobile banking BSI kini juga bisa terhubung untuk transaksi e-commerce maupun fintech, hingga layanan digital. Menurutnya di masa ini pihaknya terus mendorong open banking dan terhubung dengan yang lainnya. Dengan begitu layanan bank syariah bisa memberikan layanan yang sama baiknya dengan bank konvensional.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
1,350PelangganBerlangganan

Special Interview

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

GPR Milenial

Suara Tokoh

close