Jumat, April 19, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Menparekraf Sandiaga Uno Sambangi Desa-Desa Wisata Di Jogja

- Advertisement -

SuaraPemerintah.ID– Dalam 3 bulan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno sudah 4 kali berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hampir semua kunjungannya berkaitan dengan desa wisata, seperti di desa wisata Krebet, desa wisata Sambirejo dan desa wisata Pentingsari.

Selama masa pandemi kinerja ekonomi DIY memperlihatkan hasil lebih baik. Perekonomian Yogyakarta sudah pulih hampir mendekati level sebelum pandemi. Sektor pariwisata DIY banyak didukung oleh wisatawan lokal, kebangkitan ekonomi banyak ditopang oleh desa wisata.

- Advertisement -

Sandiaga menambahkan desa wisata menjadi andalan pemerintah dalam mendongkrak pariwisata di masa pandemi Covid-19. Melalui desa wisata ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Desa wisata di DIY sudah terlihat kehandalannya setelah menyumbangkan 3 desa wisatanya dalam pemberian sertifikasi dan penghargaan Desa Wisata Berkelanjutan oleh Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tanggal 2 Maret 2021.

- Advertisement -

Desa Wisata Jatimulyo, Kulon Progo, Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul dan Desa Wisata Pentingsari, Sleman masuk dalam 16 Desa Wisata se-Indonesia yang memperoleh penghargaan Desa Wisata Berkelanjutan sebagai upaya mendorong quality tourism.

Penerapan standar berkelanjutan berfokus kepada 3 aspek keberlanjutan yakni sosial, lingkungan dan ekonomi di Desa Wisata. Melalui program sertifikasi desa wisata berkelanjutan  diharapkan desa wisata di Indonesia dapat lebih berkualitas, lebih kredibel, dan mampu berkolaborasi serta bersaing secara domestik dan internasional.

- Advertisement -

Komitmen Kemenparekraf terhadap pariwisata berkelanjutan sendiri diimplementasikan dengan terbitnya Peraturan Menteri Pariwisata No. 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. Sesuai RPJMN 2020-2024, Kemenparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata menjadi desa wisata mandiri hingga 2024.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

1 KOMENTAR

  1. Temukan pesona sejati Jogja di Desa Wisata kami! Nikmati kehidupan pedesaan yang otentik dengan pemandangan sawah hijau, rumah tradisional, dan kebudayaan lokal yang kaya. Dalam setiap langkah, Anda akan disapa oleh keramahan penduduk setempat yang membuat perjalanan Anda tak terlupakan. Rasakan pesona tradisional Jogja dan jadikan liburan Anda istimewa di Desa Wisata kami. Segera kunjungi dan temukan keindahan yang sejati!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,670PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview