SuaraPemerintah.ID – BPJS Kesehatan berhasil memenangkan kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP) Tahun 2021, dalam hal itu BPJS berhasil sabet penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Klaster Lembaga Pemerintahan yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Kamis (29/07/21).
Perolehan ini diberikan pada inovasi kapitasi berbasis kinerja (KBK) yang dikembangkan guna mendorong Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan agar meningkatkan mutu layanannya kepada peserta JKN-KIS.
“Tidak mudah mencapai posisi ini karena kami harus berkompetisi dengan 3.178 proposal inovasi yang dikirimkan ke Kementerian PANRB. Di tengah pandemi Covid-19, kami berupaya menjaga agar kualitas pelayanan peserta JKN-KIS di fasilitas kesehatan tetap prima, salah satunya melalui mekanisme KBK di FKTP ini,” papar Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti.
Dia mengatakan, pihaknya mendukung fasilitas kesehatan kerja sama, baik FKTP maupun rumah sakit untuk terus mengembangkan inovasi dalam rangka meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS disaat kondisi pandemi Covid-19.
“Misalnya, dengan optimalisasi sistem teknologi informasi dan melakukan digitalisasi layanan untuk mempercepat proses pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Kami juga mendorong fasilitas kesehatan untuk meyediakan layanan informasi dan pengaduan yang mudah diakses oleh peserta JKN-KIS,” katanya.