Sabtu, April 20, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Wanita Ini Pertama Kali Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

- Advertisement -

SuaraPemerintah.ID– Hari Sumpah Pemuda bagi kita sudah umum dan jamak, 3 sumpah yang dulu disebut ikrar pemuda ini juga banyak tahu walau sedikit yang hapal. Bukan hanya itu, Lagu Indonesia Raya juga diperdengarkan pertama kali di kongres Pemuda ke 2 ini.

Namun apakah sudah banyak yang tahu siapa penyanyi pertama syair lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Soepratman tersebut?.

- Advertisement -

Dia adalah gadis berusia 15 tahun kala itu dan 1 dari 6 perempuan yang ikut kongres pemuda, Ia adalah Dialah Dolly Salim atau Theodora Athia Salim putri Haji Agus Salim.

Bagi Dolly, 28 Oktober 1928 merupakan hari yang tak akan pernah dilupakan. Meski awalnya menolak, karena merasa secara umur belum masuk kategori pemuda, Dolly akhirnya mau mengikuti ajakan teman-temannya. Saat itu, Dolly mewakili organisasi kepanduan National Indonesische Padvinderij (Natipij) yang berada di bawah naungan Jong Islamieten Bond (JIB).

- Advertisement -

Waktu itu, Haji Agus Salim menjabat sebagai penasihat di organisasi tersebut. Setelah menghasilkan keputusan-keputusan yang sangat penting untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan Indonesia, Kongres Pemuda II akhirnya ditutup dengan memperdengarkan lagu Indonesia Raya.

WR Supratman, si pencipta lagu, mengiringi lagu itu dengan biola ikoniknya.

- Advertisement -

“Hadirin segera senang dengan lagu itu dan minta diulang. Dolly, satu gadis remaja, putri sulung Haji Agus Salim, menyanyikan lirik lagu tersebut,” tulis Rosihan Anwar dalam Sejarah Kecil Petite Historie Indonesia Jilid 2.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,670PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview