Kamis, Desember 9, 2021
spot_img

Pemkot Jaksel ‘Sulap’ Lahan Kosong Jadi Kebun Anggur

SuaraPemerintah.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan bakal “sulap” lahan kosong di wilayahnya ditanami bibit anggur dan dijadikan kebun anggur.

Plt Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji memaparkan, hal ini dilakukan sebagai ketahanan pangan budidaya anggur yang bermanfaat bagi masyarakat.

Paparan diatas disampaikan saat meresmikan Sentra Anggur Kecamatan Pancoran (SenAng MaPan), di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tiga Durian, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (12/10/21).

“Budidaya anggur ini selain menyalurkan hobi, ternyata punya nilai ekonomi yang bisa dikembangkan dan punya nilai potensial,” kata Isnawa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/10/21).

Sekedar informasi, SenAng MaPan dibangun Kelurahan Duren Tiga dengan memanfaatkan lahan kosong, Pancoran, Jakarta Selatan, berkolaborasi dengan SLB Swakarya.

Ia memberikan apresiasi atas keberadaan Sentra Anggur di sana, dengan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami bibit-bibit anggur.

Menurutnya, di Ibu Kota, khususnya Jakarta Selatan, terdapat cukup banyak lahan kosong dapat fungsikan sebagai ketahanan pangan budidaya anggur.

“Saya berterima kasih atas bimbingan kelompok pertanian, lahannya bisa dioptimalkan, masyarakatnya punya keterampilan dengan budidaya anggur,” paparnya.

Lebih lanjut, ia berharap peresmian sentra anggur di RPTRA Tiga Durian dapat dilakukan di wilayah lainnya.

“Kita harapkan ini bisa diduplikasi oleh RW-RW lain, sehingga lahan-lahan yang kosong bisa kita optimalkan sebagai sesuatu yang punya nilai produktif,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Duren Tiga, Mursyid mengungkapkan, adanya Sentra Anggur di RPTRA Tiga Durian sebagai pelengkap fungsi RPTRA. Fungsi RPTRA antara lain sebagai ruang publik dan sebagai sarana edukasi masyarakat. Nantinya, ada edukasi kepada masyarakat yang berkunjung ke RPTRA tersebut untuk belajar budidaya anggur.

“Sentra anggur bukan untuk memperkecil ruang publik, justru kami melengkapi itu, melengkapi fungsi RPTRA,” kata Mursyid.

“Nantinya ada edukasi kepada warga yang berkunjung untuk belajar budidaya anggur, dan juga dapat menambah nilai ekonomi dengan memasarkan bibit-bibit anggur,” tutupnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
1,840PelangganBerlangganan

BERITA GPR

Spesial Interview

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

Suara Tokoh