Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Dukung Konektivitas, PUPR Kebut Penyelesaian Tol Trans Sumatera

SuaraPemerintah.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) percepat penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera dari Provinsi Lampung hingga Aceh sepanjang 3.044 km.

Di Provinsi Sumatera Selatan, kini sedang dirampungkan pembangunan Ruas Kayu Agung – Palembang – Betung (Kapalbetung) seksi 2-3 tahap II segmen Palembang (Keramasan) – Betung sepanjang 69,19 km. Penyelesaian segmen Palembang – Betung akan melengkapi ruas seksi 1-2 segmen Kayu Agung – Palembang (Keramasan) yang telah selesai tahap 1 sepanjang 42,5 km dan diresmikan pada Januari 2021 lalu.

- Advertisement -

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, adanya jalan tol ini dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Selanjutnya, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono memaparkan, Tol Kayu Agung – Palembang – Betung merupakan bagian dari koridor utama (back bone) Jalan Tol Trans Sumatera untuk meningkatkan konektivitas antara kota/kawasan di Pulau Sumatera bagian selatan. Tol ini akan mengintegrasikan konektivitas kawasan, memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri di koridor Palembang – Jambi.

- Advertisement -

“Jalan tol ini juga terkoneksi dengan jalan nasional di Sumatera, sehingga harapan kami juga dapat mendukung pengembangan wilayah, khususnya di Sumatera Selatan,” kata Triono.

Menurutnya, penyelesaian Tol Kayu Agung – Palembang – Betung akan melengkapi struktur jaringan koridor utama Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.121 km dari Bakauheni hingga Aceh.

Saat ini progres pembebasan lahan seksi 2 Tol Kapal Betung ruas Jalintim-Musi Landas dari STA 42+500 – 67+400 (24,9 km) sudah sebesar 89,98 persen. Sedangkan untuk seksi 3 ruas Musi Landas-Betung dari STA 67+400 – 111+690 (44,29 km) pembebasan lahannya sebesar 53,45 persen. Secara keseluruhan progres pembebasan lahan sudah 80,35 persen.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru