Kamis, Desember 9, 2021
spot_img

Ketum Aprindo Sebut Ritel Modern Tidak Matikan UMKM

SuaraPemerintah.ID-Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengangkat tema Ritel Tangguh, UMKM Maju, Indonesia Bangkit dalam perayaan Hari Ritel Nasional 2021 pada 11 November.

Tema ini diangkat untuk menegaskan dua hal, bahwa keberadaan ritel modern tidak mematikan kelangsungan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dan kebangkitan keduanya adalah bagian dari upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Menyambut Hari Ritel, Aprindo bekerja sama dengan Microsoft menyelenggarakan serangkaian kegiatan, antara lain pendidikan dan pelatihan melalui seri webinar daring, pemberian apresiasi kepada sosok mendorong pertumbuhan dan kemajuan ritel modern, aktivitas lowongan kerja, berbagai inisiatif sinergis dan kolaboratif, dan tentunya gelaran produk usaha mikro, kecil dan menengah.

Ketua Umum DPP Aprindo Roy N. Mandey menjelaskan, target utama dari perayaan Hari Ritel Nasional 2021 adalah mengakselerasi transformasi digital sebagai suatu keniscayaan bagi peritel dan UMKM.

Dalam buku tersebut dapat ditemukan berbagai tahapan digitalisasi yang sesuai dengan kebutuhan ritel dan UMKM, serta solusi teknologi yang dapat digunakan untuk mendigitalisasi bisnis ritel dan UMKM di berbagai tahap kebutuhan.

“Saat ini kita tahu bahwa semuanya sudah mempergunakan teknologi, baik itu sifatnya untuk mencari informasi, komunikasi, bahkan juga yang berkaitan dengan mendukung aktivitas dan produktivitas, profiling customer, pelayanan customer dan lainnya. Kita ingin meningkatkan lagi, karena itu kita berkolaborasi dengan Microsoft yang produknya sudah dikenal sangat user friendly,” kata Roy Mandey dalam konferensi pers pembukaan Hari Ritel Nasional 2021, Rabu (10/11/21).

Roy menambahkan, Aprindo juga akan memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, antara lain berkolaborasi dengan kementerian/lembaga atau instansi yang berkaitan dengan pelaku usaha ritel modern maupun UMKM.

Contohnya yang dilakukan Aprindo dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam mengakselerasi penerapan sistem manajemen keamanan pangan olahan (SMKPO), berkolaborasi dengan Bank Indonesia yang akan mengakselerasi kerja sama dengan anggota Aprindo dalam penggunaan QRIS bagi konsumen, dan banyak lagi kolaborasi lainnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Hari Ritel Nasional 2021 Setyadi Surya menjelaskan, rangkaian kegiatan dalam perayaan Hari Ritel Nasional 2021 ini fokus pada upaya memberdayakan peritel dan UMKM. Fokus ini sekaligus menegaskan bahwa keberadaan ritel modern tidak mematikan kelangsungan usaha UMKM.

“Untuk menjadi ritel yang tangguh, UMKM harus dimajukan. Jadi kalau ada anggapan miring yang mengatakan bahwa ritel modern mematikan UMKM, itu salah. Justru kita akan terus mendorong UMKM maju, sehingga pada akhirnya juga akan mendorong peritel maju,” kata Setyadi Surya.

Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia Fiki Setiyono menambahkan, teknologi yang dapat memberdayakan bisnis ritel dan UMKM agar semakin maju dan kompetitif pada dasarnya sudah tersedia. Microsoft juga siap mendampingi pelaku ritel Indonesia dan UMKM untuk memulai ataupun melanjutkan transformasi digital mereka di setiap tahapan.

“Microsoft bekerja sama dengan Aprindo untuk mengedukasi dan membuka akses teknologi kepada lebih banyak peritel dan UMKM di Indonesia,” kata Fiki Setiyono.

Sementara itu menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, seiring dengan arus globalisasi dan akselerasi digital yang signifikan, pelaku usaha ritel modern perlu mentransformasikan usahanya mengikuti perubahan perilaku konsumen.

Tidak hanya menyediakan tempat dan lokasi strategis untuk berjualan secara offline, tetapi juga perlu memasarkan dan mempromosikan barang-barangnya lewat platform online.

Di sisi lain, pembinaan UMKM sebagai salah satu pemasok gerai ritel modern juga harus terus ditingkatkan, antara lain melalui adopsi teknologi yang tepat.

Karenanya, Oka sangat mendukung berbagai inisiatif dijalankan Aprindo bekerja sama dengan Microsoft dalam upaya memajukan peritel dan juga UMKM, sehingga pada akhirnya akan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Dalam menghadapi pandemi Covid-19, kita tidak boleh menyerah. Kita harus berkolaborasi, berkomitmen untuk memajukan dan menjadikan ritel tangguh, UMKM maju, dan Indonesia bangkit dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, berkeadilan, dan seimbang,” kata Oke dilansir dari beritasatu.com.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email suarapemerintah.id@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
419PengikutMengikuti
22PengikutMengikuti
1,840PelangganBerlangganan

Berita GPR

Special Interview

Suara Olah Raga

Suara Loker

Terpopuler

GPR Milenial

Suara Tokoh