Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Alih Teknologi untuk Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing Ekonomi

SuaraPemerintah.ID – Alih Teknologi merupakan proses untuk meningkatkan produktivitas maupun daya saing ekonomi sebagai salah satu skema dalam penerapan, pemanfaatan, serta penguasaan hasil riset dan inovasi.

Demikian dikatakan Plt. Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Hendrian dalam Forum Fasilitasi Alih Teknologi (FFAT) 2022 di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (15/06). “Dengan proses alih teknologi ini dapat memaksimalkan peran iptek bagi pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

- Advertisement -

Hendrian mengatakan, BRIN merupakan satu-satunya lembaga yang menjalankan fungsi pemerintahan bidang iptek. BRIN berperan dan bertanggung jawab, dalam mengimplementasikan posisi iptek untuk pembangunan nasional.

Ia berharap BRIN dapat memfasilitasi terjadinya proses transfer hasil invensi atau pengetahuan dari periset sebagai pencipta atau produsen teknologi kepada pengguna teknologi yang membutuhkannya.

- Advertisement -

“Peran Iptek dalam pembangunan nasional dapat dimaksimalkan jika hasil-hasil riset dan inovasi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat industri, UMKM dan semua stakeholder dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi,” kata Hendrian.

Melalui FFAT ini, ia melanjutkan, mitra industri dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dapat berinteraksi dengan pusat-pusat riset BRIN, dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan.

“Semoga forum ini dapat diselenggarakan secara berkala, dengan menampilkan hasil riset dan inovasi dalam bidang-bidang lainnya. Konsistensi forum ini akan dapat memfasilitasi proses alih teknologi dari periset BRIN kepada para mitra pengguna,” harap Hendrian.

BRIN menyelenggarakan Forum Fasilitasi Alih Teknologi (FFAT) melalui Direktorat Alih dan Sistem Audit Teknologi Kedeputian Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi. Pada gelaran tahun ini, FFAT berfokus pada bidang pertanian dan pangan dengan menyajikan berbagai agenda, antara lain jejak teknologi, alih teknologi, temu bisnis dan penandatanganan kerja sama lisensi.

Forum ini dihadiri oleh calon mitra industri dan inventor bidang pertanian dan pangan ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan, penguasaan riset dan inovasi bagi mitra BRIN sebagai pengguna.

Temu Bisnis, BRIN Kerja Sama Dengan Mitra Industri

Pada kesempatan Forum Fasilitasi Alih Teknologi (FFTA) 2022, digelar pula agenda temu bisnis. Melalui agenda ini, BRIN melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa mitra seperti PT Nusa Etta Wahida, PT BioSains Medika, CV Nusantara Jaya dan PERURI.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru