Selasa, Februari 7, 2023
spot_img

BERITA UNGGULAN

Ikamba: Kinerja Pj Wali Kota Banda Aceh On The Track 

SuaraPemerintah.IDPenjabat Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq dinilai telah bekerja dengan maksimal atas beberapa persoalan yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Banda Aceh. Hal yang paling krusial yang mampu ditanganinya adalah soal utang, potensi defisit anggaran dan inflasi yang sempat mengancam jalannya roda pemerintahan.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Ketua Ikatan Mahasiswa Kota Banda Aceh (Ikamba) Akbar Anzulai. “Dalam kacamata saya, kinerja Pj Wali Kota Bakri Siddiq dalam empat bulan terakhir ini sudah on the track, beliau juga menyahuti kritik kami dengan baik, ini dibuktikan dengan eksekusi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh” ujar Akbar dalam keterangannya kepada awak media di Banda Aceh, Kamis, 1 Desember 2022.

- Advertisement -

Dalam catatannya, begitu menakhodai Banda Aceh, Bakri Siddiq menerima ‘sisa utang Pemerintah Kota Banda Aceh tahun anggaran 2021 sekira Rp 23 miliar, dan potensi defisit anggaran yang mencapai Rp 225 miliar lebih. “Langkah rasionalisasi anggaran yang dilakukan pj wali kota sudah tepat untuk menyehatkan kondisi keuangan Pemko Banda Aceh.”

“Output-nya adalah APBK-P 2022 yang memangkas anggaran-anggaran yang tidak urgent dan tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat. Berbeda dengan APBK 2021 yang ditetapkan dengan peraturan wali kota sebelumnya, APBK-P 2022 disetujui oleh seluruh fraksi legislatif,” ujarnya.

- Advertisement -

Imbas positifnya, pembayaran Tunjangan Prestasi Kerja (TPP) pegawai Pemko Banda Aceh dan Alokasi Dana Gampong (ADG) yang di dalamnya memuat gaji keuchik dan aparatur gampong, serta dana operasional pemerintah desa, bisa dibayarkan tepat waktu.

Terkait tudingan pj wali kota tidak memiliki keberanian untuk melakukan mutasi atau pergantian jajarannya, Akbar mengatakan itu ranahnya birokrasi, namun Akbar mengingatkan agar setiap mutasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh harus mengedepankan azaz profesionalitas agar kualitas aparatur sesuai dengan kebutuhan yang sedang dihadapi oleh Pemerintah Kota Banda Aceh sendiri”.

Kemudian, langkah-langkah penanganan inflasi yang diambil Pemko Banda Aceh di bawah kepemimpinan Bakri Siddiq juga diapresiasinya. Sebelumnya sempat Ikamba mengkritik atas kondisi ekonomi Banda Aceh pasca kenaikan harga BBM di awal-awal bulan September “Bisa kita lihat berbagai gebrakan beliau mulai dari banyaknya kegiatan pasar murah, gerakan menanam di perkarangan rumah, hingga kerja sama ketahanan pangan dengan Aceh Besar.” Namun Akbar memberi catatan agar Pemerintah Kota Banda Aceh jangan terlena dengan kondisi yang mulai membaik ini. Pj Walikota Banda Aceh harus semakin meningkatkan intensitas kerjanya lewat gebrakan-gebrakan yang berorientasi pada kesejahtraan rakyat dan kenyamanan warga kota.

Selain itu, pj wali kota juga sukses melobi dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur bagi Banda Aceh yang akan dimulai tahun depan. “Sejumlah proyek pembangunan jalan, drainase, layanan air bersih, hingga rumah bagi kurang mampu akan dimulai pada 2023 dengan total anggaran mencapai Rp 170 miliar lebih.”

Adapun sejumlah proyek akan dimulai pengerjaannya tahun depan, di antaranya pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah air bersih dan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Skala Permukiman di sejumlah desa.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,180PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview