Selasa, Februari 7, 2023
spot_img

BERITA UNGGULAN

Kemenparekraf Gandeng GoJek Dorong UMKM Bisnis Lewat GoSend

SuaraPemerintah.ID – Kemenparekraf berkolaborasi dengan GoJek mendorong para pelaku UMKM untuk mengoptimalisasi bisnisnya dengan memanfaatkan layanan GoSend.

Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti mengungkapkan, bahwa UMKM sebagai pilar perekonomian bangsa terus menjadi fokus pemerintah Indonesia. Salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dimulai di tahun 2020.

- Advertisement -

“Perubahan lanskap bisnis di era digital telah mendorong para pelaku UMKM untuk go digital. Saat ini sudah terdapat 20,6 juta UMKM yang telah bergabung di platform digital dan marketplace dengan target tahun 2024 ada di angka 30 juta UMKM,” ujar Yuana dalam webinar bertajuk “Optimasi Bisnis UMKM bersama GoSend”, Senin (28/11/22).

Ia menjelaskan, bahwa saat ini kondisi perekonomian Indonesia sedang tumbuh 5,72 persen di kuartal kedua tahun 2022. Pertumbuhan ini didukung kontribusi UMKM sebesar 61 persen terutama di subsektor kuliner, kriya, dan fashion dengan penyerapan tenaga kerja hingga 97 persen.

- Advertisement -

Pergerakan UMKM dalam negeri, kata Yuana, harus kuat dalam mendukung perekonomian nasional. Apalagi pemerintah telah memperkirakan kondisi perekonomian global yang agak suram tahun depan.

“Ke depan APBN/APBD diarahkan untuk dapat dibelanjakan melalui UMKM, di mana sudah diidentifikasikan komitmen kementerian/lembaga, BUMN/BUMD sampai Rp950 triliun harus dibelanjakan ke produk dalam negeri terutama UMKM,” tuturnya.

Yuana menilai ada banyak sekali peluang yang bisa ditangkap oleh pelaku UMKM. Namun, pemerintah juga memiliki tugas untuk memenuhi kebutuhan digital talent yang dapat menyerap peluang.

Oleh karena itu, Yuana mendorong agar para pelaku UMKM bisa memanfaatkan layanan GoSend dari GoJek yang dapat memudahkan pendistribusian produk mereka. Serta meningkatkan skill dalam upaya mendigitalisasi produk UMKM ke pasar digital.

“Saya sangat mengapresiasi inisiasi yang dilakukan oleh Gojek dan GoSend dalam memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM,” katanya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,180PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview