Selasa, Februari 7, 2023
spot_img

BERITA UNGGULAN

KKP Beberkan Inovasi Pengelolaan Laut Berkelanjutan di AIS Forum 2022

SuaraPemerintah.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP mengusung sejumlah inovasi dalam rangka mewujudkan pengelolaan sektor tersebut secara berkelanjutan di Indonesia.

Mulai dari menghadirkan program berbasis ekonomi biru hingga penguatan sarana teknologi informasi untuk pengawasan dan pendorong produktivitas.

- Advertisement -

“KKP menggunakan (program) ekonomi biru sebagai suatu strategi pembangunan sektor kelautan dan perikanan yang berkelanjutan,” ujar Kepala Badan Riset dan sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP I Nyoman Radiarta mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan dalam acara The Blue Innovation Solution Conference, bagian dari Archipelagic and Island States (AIS) Forum yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Senin (5/12/22).

Program ekonomi biru diusung meliputi perluasan kawasan konservasi, penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pengembangan perikanan budidaya ramah lingkungan, pengelolaan berkelanjutan pesisir dan pulau-pulau kecil, serta pengelolaan sampah plastik di laut.

- Advertisement -

Lima program ekonomi biru yang diusung KKP menurutnya sejalan dengan empat fokus utama pembahasan dalam AIS Forum 2022, yakni adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, ekonomi berbasis laut (ekonomi biru), sampah plastik di laut, dan tata kelola laut yang baik.

“Selain melalui program ekonomi biru, kami juga melakukan restorasi hutan mangrove sebagai solusi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim,” ujarnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

HOT NEWS

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,180PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terpopuler PRAHUM

Spesial Interview