Selasa, Juli 23, 2024
spot_img
spot_img

BERITA UNGGULAN

Menparekraf Dorong Pengembangan Parekraf Desa Wisata Wukirsari DIY

SuaraPemerintah.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Desa Wisata Wukirsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

“Ini paket komplit yang bisa kita kembangkan karena di sini ada keindahan alam dan kekayaan budaya, produk-produk ekonomi kreatif, dan dukungan pemerintah daerahnya yang kuat,” kata Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya ke Desa Wisata Wukirsari, Minggu (28/5/2023).

- Advertisement -

Desa Wisata Wukirsari yang merupakan salah satu dari 75 desa wisata terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 ini berada di Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri dan dapat ditempuh melalui perjalanan darat dengan jarak sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Desa wisata ini berfokus pada pengembangan edu-wisata dan eco-wisata, dan sejak tahun 2007 mengembangkan potensi yang menonjol di sektor ekonomi kreatif subsektor fesyen yaitu kerajinan batik tulis melalui sentra.

- Advertisement -

Selain kerajinan masyarakat lokal yang menjadi daya tarik utama, tata letak geografis Desa Wukirsari juga sangat beragam, mulai dari perbukitan, sungai, hutan, dan lahan pertanian yang membuat desa ini sangat asri. Di desa ini juga terdapat makam Raja-Raja Pajimatan dan makam Sunan Giriloyo yang juga menjadi destinasi wisata ziarah para wisatawan.

Dukungan pemerintah tersebut terlihat dari dikukuhkannya Desa Wisata Wukirsari secara resmi melalui SK Pemerintah Desa dan SK Pemerintah Kabupaten Bantul sebagai Desa Wisata yang dikelola melalui pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan seluruh unsur kemasyarakatan dan dikoordinasi oleh Pengelola Desa Wisata Wukirsari.

- Advertisement -

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekt@suarapemerintah.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suara Hari Ini

10,502FansSuka
392PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
2,720PelangganBerlangganan

TERPOPULER

Terbaru